Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senyawa yang Menentukan Kualitas Bensin

Kompas.com - 07/06/2022, 09:44 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comBensin adalah jenis bahan bakar fosil yang kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bensin mempunyai mutu tinggi jika mengandung banyak senyawa isooktana dengan nama sistematis 2,2,4-trimetil pentana.

Ada bensin yang berkualitas tinggi, namun ada juga yang berkualitas rendah. Untuk mengetahui bagaimana kualitas dimiliki oleh bensin. Senyawa yang menentukan kualitas bensin adalah isooktana (2,2,4-trimetil pentana ) dan n-heptana

Bilangan oktan 

Perbandingan antara senyawa isooktana dan n-heptana disebut sebagai bilangan oktan

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, bilangan oktan atau peringkat antiknock adalah ukuran kemampuan bahan bakar untuk menahan ketukan ketika dinyalakan dengan udara dalam silinder mesin pembakaran internal. 

Baca juga: Diagram Gambar Produksi Minyak Bumi

Makin tinggi bilangan oktannya, maka makin tinggi kemampuan bensin untuk pembakaran tanpa adanya ketukan. Hal ini berlaku sebaliknya, makin rendah bilangan oktannya maka makin banyak ketukan yang terjadi saat bensin dibakar dalam mesin. 

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, ketukan menandakan pembakaran dini di mana bensin nilai oktan rendah dapat menyala sebelum waktunya dan mengakibatkan pembakaran tidak merata. Hal tersebut dapat membentuk tekanan tinggi dan menghasilkan ketukan pada mesin. 

Ketukan dapat mengakibatkan kerusakan pada berbagai komponen mesin dan juga mengurangi daya yang dihasilkan bensin. 

Baca juga: Proses Pengolahan Minyak Bumi

Sederhananya, makin tinggi bilangan oktan maka makin sedikit ketukan yang dihasilkan dan makin tinggi pula kualitas bensin. 

Sebaliknya, makin rendah bilangan oktan maka makin banyak ketukan yang dihasilkan dan makin rendah pula kualitas bensin. 

Bilangan oktan didapat dari perbandingan senyawa isooktana dan n-heptana. Isooktana adalah senyawa yang tahan terhadap ketukan, sedangkan n-heptana adalah senyawa yang mengakibatkan ketukan. 

Baca juga: Berapa Liter Bensin yang Dibutuhkan Mobil?

Bentuk molekul senyawa isooktana atau 2,2,4-trimetilpentana yang menentukan kualitas bensin. lumenlearning.com Bentuk molekul senyawa isooktana atau 2,2,4-trimetilpentana yang menentukan kualitas bensin.

Sehingga, makin banyak kandungan isooktana (2,2,4-trimetil pentana) dan makin sedikit kandungan n-heptana. Maka, makin sedikit ketukan yang dihasilkan dan makin bagus kualitas bensin. 

Bilangan oktan tertinggi adalah 100, di mana bensin berkualitas paling bagus dan tidak menghasilkan ketukan sama sekali ketika dibakar. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com