Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan WIB, WITA, dan WIT

Kompas.com - 02/06/2022, 16:30 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Waktu di Indonesia terbagi menjadi tiga wilayah, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA) dan Waktu Indonesia Timur (WIT). 

Pembagian ini dikarenakan bentang luas Indonesia sekitar 1,9 juta kilometer persegi. Letak geografisnya 96 derajat BT hingga 141 derajat BT. 

Pembagian waktu tersebut juga berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 41 Tahun 1987, di mana penetapan tersebut juga berdasarkan tolok ukur Greenwich Mean Time (GMT).

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), GMT adalah sistem pengaturan perbedaan waktu di negara-negara dunia berdasarkan letak geografis. 

GMT sudah digunakan sejak tahun 1884 dan menjadi rujukan waktu internasional yang didasarkan pada jam matahari di Kota Greenwich, Inggris. 

Baca juga: Tabel Perbedaan Waktu di Indonesia dengan Negara Lainnya

Berikut perbedaan WIB, WITa, dan WIT, yakni: 

Waktu Indonesia Barat (WIB)

Dikutip dari jurnal Aplikasi Pengenalan Budaya Provinsi Bagian WITA di Indonesia Berbasis Android (2020) oleh Sari Noorlima dan Endah, selisih waktu GMT dengan Waktu Indonesia Barat (WIB) adalah +7 jam. 

WIB memiliki perbedaan waktu satu jam dengan WITA dan dua jam dengan WIT. Misalnya di Solo pukul 13.00 WIB, maka di Gorontalo pukul 14.00 WITA, dan di Maluku 15.00 WIT. 

Daerah yang masuk ke dalam WIB yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau (Kepri), Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Bengkulu, Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA)

Selisih waktu GMT dengan Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA) adalah +8 jam. Di mana WITA memiliki selisih satu jam lebih awal dibandingkan WIT dan satu jam lebih akhir dengan WIB. 

Misalnya, di Bali pukul 09.00 WITA, maka di Yogyakarta pukul 08.00 WIB dan di Maluku pukul 10.00 WIT. 

Daerah yang masuk dalam zona WITA yakni Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara dan Gorontalo.

Baca juga: Apakah Waktu di Indonesia dan Thailand Berbeda?

Waktu Indonesia Timur (WIT)

Selisih waktu GMT dengan Waktu Indonesia Timur (WIT) yaitu +9 jam. Artinya, WIT memiliki selisih dua jam dengan WIB dan satu jam dengan WITA.

Contohnya, di Maluku pukul 17.00 WIT maka di Kudus pukul 15.00 WIB dan di Sulawesi pukul 16.00 WITA. 

Daerah cakupan WIT, yakni Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

GMT digantikan oleh UTC 

Dilansir dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), GMT sudah digantikan dengan UTC (Universal Time Coordinated). Hal ini dijelaskan bahwa tahun 1972, jam matahari sudah tidak lagi digunakan sebagai patokan waktu. 

Patokan waktu tergantikan dengan jam atom yang disinkronkan dengan jam matahari. Jam atom memiliki perhitungan waktu lebih stabil. 

Pergantian jam matahari ke jam atom menjadi tanda bahwa GMT bukan sebagai rujukan lagi. 

Meskipun begitu, GMT tetap digunakan sebagai waktu untuk mewakili sipil di Inggris. 

Baca juga: Gerak Parabola: Menghitung Posisi pada Waktu Tertentu

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com