Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faktor yang Memengaruhi Ciri Khas Kerajinan Suatu Daerah

Kompas.com - 27/04/2022, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Kerajinan adalah barang yang dihasilkan dari keterampilan tangan. Hasil kerajinan berfungsi sebagai hiasan atau dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap daerah memiliki kerajinan khasnya masing-masing. Umumnya kerajinan tersebut merepresentasikan karakteristik yang dimiliki suatu daerah. Inilah yang disebut sebagai kerajinan daerah.

Menurut Ranelis dan Rahmad Washinton dalam buku Rendo Bangku Koto Gadang (2016), kerajinan daerah memiliki ciri khas, bersifat tradisional, dan dipertahankan secara turun-temurun.

Adapun kerajinan daerah tersebut dipengaruhi oleh perkembangan kebudayaan serta kondisi daerahnya.

Faktor yang memengaruhi ciri khas kerajinan suatu daerah, yaitu budaya, letak geografis, serta sumber daya alam.

Baca juga: Produk Kerajinan: Pengertian dan 2 Fungsinya

Berikut pemaparannya:

Budaya

Dilansir dari buku Manajemen Sumber Daya Manusia di Era Revolusi Industri 4.0 (2021) oleh Prayogo Kusumaryoko, budaya dapat diartikan sebagai keyakinan, sikap, nilai, serta perilaku yang dimiliki bersama oleh sekelompok orang, dan diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Budaya menjadi salah satu faktor yang memengaruhi ciri khas kerajinan suatu daerah. Karena umumnya kerajinan menggambarkan budaya di daerah tersebut.

Contohnya batik sebagai salah satu kerajinan daerah khas Yogyakarta dan Jawa Tengah. Batik tentunya sangat menggambarkan daerah Yogyakarta dan sekitarnya yang sangat kental dengan budaya Jawa.

Letak geografis

Adalah letak suatu wilayah yang ditentukan oleh berbagai fenomena geografis yang membatasinya.

Ciri khas kerajinan daerah juga sangat dipengaruhi oleh letak geografisnya. Berbeda kondisi alam serta letaknya, kerajinan daerahnya pun juga akan berbeda.

Misalnya kerajinan daerah pantai akan berbeda dengan kerajinan di daerah pegunungan, dataran tinggi, dan dataran rendah.

Baca juga: Contoh Kerajinan Tangan dengan Inspirasi Budaya Lokal

Sumber daya alam

Dikutip dari buku Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan (2021) karangan Sunarno SastroAtmodjo, sumber daya alam adalah semua sumber daya yang berasal dari alam serta dapat digunakan dan bermanfaat bagi manusia.

Tiap daerah memiliki potensi sumber daya alamnya masing-masing. Oleh sebab itu, sumber daya alam menjadi salah satu faktor yang memengaruhi ciri khas kerajinan suatu daerah.

Contohnya kerajinan daerah pantai akan disesuaikan dengan sumber daya alam yang tersedia di daerah tersebut. Misalnya menjual kerajinan dari kulit kerang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com