Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tata Nama Senyawa Ester

Kompas.com - 10/03/2022, 16:07 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.comSenyawa ester adalah senyawa organik yang kerap digunakan sebagai penambah aroma dan rasa. Sama seperti senyawa kimia lainnya, ester memiliki penamaanya sendiri yang disebut sebagai tata nama senyawa ester.

Rumus umum senyawa ester

Senyawa ester adalah turunan alkil dalam asam karboksilat, sehingga ester juga disebut dengan alkil alkanoat. Penamaan senyawa ester sesuai dengan tata nama senyawa kimia IUPAC.

Untuk memahami cara penamaan senyawa ester, terlebih dahulu kita harus mengetahi rumus umus senyawa ester. Apa rumus umum ester?

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, ester biasanya dibuat dari reaksi antara asam karboksilat dan dan alkohol. Sehingga, memiliki rumus rumum berupa RCOOR’.

Baca juga: Senyawa Ester

Rumus ester RCOOR’ merupakan turunan dari rumus asam karboksilat RCOOH dan alkohol R’OH. R adalah hidrokarbon yang berasal dari asam karboksilat. Adapun, R’ melambangkan gugus alkil atau hidrokarbon yang berasal dari alkohol.

Rumus kimia senyawa ester

Selain rumus umum, senyawa ester juga memiliki rumus kimia yang umum. Ester terbentuk dari gabungan karbon, hidrogen, dan juga oksigen.

Rumus kimia senyawa ester adalah CnH2nO2. Di mana n adalah bilangan bulat seperti 1, 2, dan 3.

Tata nama IUPAC senyawa ester

Seperti yang kita ketahui, senyawa ester atau alkil alkanoat adalah turunan asam karboksilat. Sehingga, memiliki tata nama yang hampir sama dengan tata nama asam karboksilat.

Dilansir dari Lumen Learning, nama ester dituliskan dari alkohol dan asam induknya. Artinya, ester dituliskan dari gugus alkilnya terlebih dahulu tanpa adanya nomor.

Baca juga: Menentukan Nama Senyawa dan Hasil Reaksinya

Setelah gugus alkil dari alkohol dituliskan, barulah gugus asetat dari asm karboksilat dituliskan dengan akhiran –oat.

Penamaan senyawa ester bisa dilakukan dalam langkah sebagai berikut:

Langkah 1

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, langkah pertama adalah mengidentifikasi oksigen yang merupakan bagian rantai kontinu dan terikat pada karbon di kedua sisinya.

Identifikasi atom oksigen yang terikat pada dua karbon ini menandakan batas antara gugus asam dan gugus alkilnya.

Misalnya, suatu senyawa ester memiliki rumus struktur HCOOCH3. Untuk mengetahui nama senyaw tersebut, kita harus mengidentifikasi atom O yang berikatan dengan dua atom C.

Contoh struktur suatu senyawa esterKompas.com/SILMI NURUL UTAMI Contoh struktur suatu senyawa ester

Baca juga: Reaksi Alkilasi Friedel-Crafts

Langkah 2

Langkah selanjutnya adalah memisahkan struktur senyawa ester menjadi dua dengan O sebagai pembatas. Lalu kita harus menidentifikasi struktur mana yang menunjukkan gugus alkil dan yang mana merupakan gugus asam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com