Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan antara Fabel dan Cerpen

Kompas.com - 21/02/2022, 17:36 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.comCerpen dan fabel, keduanya adalah karya sastra yang berbeda satu sama lain. Perbedaan mendasar antara fabel dan cerpen terletak pada tokohnya. Tokoh fabel merupakan binatang, sedangkan tokoh cerpen biasanya manusia.

Untuk lebih memahami tentang perbedaan antara fabel dan cerpen, simaklah penjelasan di bawah ini!

Fabel adalah prosa lama, sedangkan cerpen adalah prosa baru

Baik fabel maupun cerpen, keduanya merupakan prosa. Menurut Zainuddin dalam Materi Pokok Bahasa dan Sastra Indonesia (1991), prosa adalah pengungkapan peristiwa secara jelas dengan menguraikan pikiran dan perasaan.

Namun, fabel tergolong ke dalam prosa lama sedangkan cerpen tergolong ke dalam prosa baru. Menurut Felta dalam Prosa Suatu Pengantar (2013), prosa lama adalah karya sastra yang belum terpengaruh sastra juga kebudayaan barat.

Baca juga: Fabel: Pengertian, Ciri dan Unsurnya

Bisa dikatakan bahwa fabel merupakan karya sastra yang bersumber dari kebudayaan Indonesia sebelum masuknya kebudayaan barat.

Sedangkan, cerpen adakah prosa baru. Prosa baru adalah karya sastra yang terpengaruh oleh sastra dan juga kebudayaan barat.

Tokoh

Perbedaan selanjutnya antara fabel dan cerpen adalah penokohannya. Tokoh dalam fabel pasti diperankan oleh binatang atau fauna yang berperilaku seperti manusia. Di mana hewan tersebut dapat berbicara, berkegiatan, dan berwatak seperti manusia.

Sedangkan, tokoh dalam cerpen biasanya adalah manusia dengan watak dan sifat tertentu. Tokoh dalam fabel dan cerpen menjadi perbedaan mendasar di antara keduanya.

Struktur

Fabel dan cerpen juga berbeda dalam segi struktur. Fabel memiliki struktur berupa orientasi, komplikasi, resolusi, dan juga koda. Sedangkan, cerpen memiliki struktur berupa orientasi, rangkaian peristiwa, komplikasi, dan juga resolusi.

Baca juga: Cerpen: Sejarah, Ciri-ciri dan Jenis

Latar

Fabel dan cerpen juga memiliki perbedaan pada latar. Fabel memiliki latar tempat berupa habitat hewan atau binatang yang diceritakan. Latar fabel dapat berupa hutan, laut, sungai, kolam, dan latar alam lainnya.

Sedangkan, latar cerpen cenderung lebih luas. Cerpen dapat berlatar di mana saja, baik di alam, di perkotaan, ataupun di tempat-tempat imajinasi pengarangnya.

Peristiwa yang diceritakan

Fabel menceritakan rangkaian peristiwa yang menggambarkan hubungan sebab akibat. Sedangkan, cerpen biasanya hanya berfokus ke dalam satu peristiwa saja.

Jenis-jenisnya

Perbedaan selanjutnya antara fabel dan cerpen adalah jenis-jenisnya. Cerpen dibagi menjadi berdasarkan panjang pendeknya cerita. Cerpen dibagi menjadi tiga jenis, yaitu cerpen pendek, cerpen sedang, dan cerpen panjang.

Baca juga: Contoh Fabel Hewan Singkat dan Pesan Moralnya

Sedangkan, fabel dibagi berdasarkan watak yang diberikan pada tokoh binatang. Fabel dibagi menjadi dua jenis, yaitu fabel alami dan fabel adaptasi.

Dalam fabel alami, tokoh binatang memiliki watak seperti di kehidupan nyata. Misalnya, buaya yang ganas, kancil yang cerdik, dan kura-kura yang lambat.

Adapun, fabel adaptasi yang tokoh bintangnya diberi water tidak seperti di kehidupan nyata. Misalnya, singa yang pemalu dan beruang yang lemah lembut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com