Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Karakteristik Jurnalistik Online

Kompas.com - 02/02/2022, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Karakteristik jurnalistik online adalah audience control, non-linearity, storage and retrieval, unlimited space, immediacy, multimedia capability, dan interactivity.

Ketujuh karakteristik ini menjadi keunggulan dan pembeda antara jurnalistik online dengan jurnalistik cetak serta penyiaran.

Jurnalistik online adalah proses penyampaian informasi kepada khalayak luas lewat media daring atau media yang terhubung dengan internet.

Berikut tujuh karakteristik jurnalistik online:

Audience control

Menurut Asep Syamsul M. Romli dalam buku Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online (2018), audience control (kendali audiensi) berarti pembaca bisa lebih leluasa memilih berita yang disukainya, cukup dengan menggerakkan jari, mouse atau cursor, serta mengeklik tautan judul.

Tidak hanya leluasa dalam memilih berita yang disukainya, jurnalistik online juga memudahkan pembaca mencari dan melihat pemberitaan dari beberapa tahun lalu.

Non-linearity

Tiap berita yang disampaikan dapat berdiri sendiri atau tidak berurutan. Sehingga audiensi tidak perlu membaca rangkaian berita lainnya untuk memahami permasalahan yang dibahas.

Baca juga: Jurnalistik Online: Pengertian dan 4 Jenisnya

Storage and retrieval

Karakteristik jurnalistik online ini memungkinkan berita tersimpan, terarsip, atau terdokumentasi. Apabila sewaktu-waktu audiensi ingin membaca ulang berita tersebut, mereka bisa mengakses kembali berita itu.

Unlimited space

Mengutip buku Jurnalistik Dasar: Trik Menulis Artikel Opini di Media Cetak dan Online bagi Mahasiswa dan Pelajar (2020) oleh Teddy Khumaedi, unlimited space berarti ruang tanpa batas.

Jurnalistik online tidak punya batasan jumlah berita yang dapat dipublikasikan. Begitu pula, penggunaan kata juga tidak ada batasnya, sehingga jurnalis bisa menulis berita atau artikel sepanjang dan selengkap mungkin.

Immediacy

Berita atau informasi yang dipublikasikan di media daring bisa langsung dibaca audiensi tanpa butuh waktu lama. Adanya internet memberi kemudahan bagi jurnalis untuk menulis dan langsung menyebarkan beritanya kepada pembaca.

Multimedia capability

Adalah kemampuan multimedia. Artinya berita tidak harus selalu berbentuk teks, tetapi juga bisa berupa audio dan video.

Dengan demikian, penyajian informasi di media daring sifatnya lebih beragam dan tidak hanya terpaku pada penyampaian berita dalam bentuk teks (tulisan) saja.

Baca juga: 5 Prinsip Jurnalistik Online Menurut Paul Bradshaw

Interactivity

Karakteristik jurnalistik online ini memungkinkan pembaca untuk berpartisipasi dalam tiap berita. Partisipasi ini umumnya berupa menulis komentar atau membagikan tautan berita ke media sosial, seperti Twitter dan Facebook.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com