Kompas.com - 18/01/2022, 11:00 WIB
Ilustrasi pemberitaan di media online Kompas.com/VANYA KARUNIA MULIA PUTRIIlustrasi pemberitaan di media online

KOMPAS.com - Jurnalistik online merupakan generasi baru dalam jurnalistik. Ada empat jenis jurnalistik online, yaitu mainstream news sites, index and category sites, meta and comment sites, serta share and discussion sites.

Praktik jurnalistik ini dikenal juga dengan istilah online journalism, jurnalistik daring, cyber journalism, jurnalistik internet, atau jurnalistik web.

Apa itu jurnalistik online?

Pengertian jurnalistik online

Menurut Asep Syamsul M. Romli dalam buku Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online (2018), jurnalistik online adalah proses penyampaian informasi lewat media internet, terutama website.

Jurnalistik online juga dapat didefinisikan sebagai penyebarluasan informasi melalui situs web berita atau portal berita, yakni media internet, media online, atau media siber.

Dilansir dari buku Jurnalisme Positif (2021) karya Nina dan Triyanto, perkembangan jurnalistik online tergolong pesat. Salah satunya karena dampak kemajuan teknologi yang membuat media daring terus berkembang.

Kemajuan teknologi ini tidak hanya membuat jurnalistik online terus berkembang, tetapi turut melahirkan praktik jurnalisme lainnya, yakni jurnalisme warga.

Baca juga: Jurnalisme Warga: Pengertian dan 5 Bentuk Aktivitasnya

4 jenis jurnalistik online

Mengutip buku Journalism Today (2019) karya Andi Fachruddin, berikut empat jenis jurnalistik online:

Mainstream news sites

Adalah bentuk media berita online yang paling bayak ditemui. Situs ini menawarkan berbagai pilihan konten editorial, baik yang disediakan media induk yang terhubung (linked) atau memang sengaja diproduk untuk versi web.

Situs berita semacam ini pada dasarnya tak punya perbedaan mendasar dengan jurnalistik media cetak atau penyiaran. Karena penyampaian berita, nilai berita, serta hubungan dengan audiensnya kurang lebih hampir sama.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.