Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Definisi Energi Kinetik, Energi Potensial, dan Energi Mekanik

Kompas.com - 07/12/2021, 17:06 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.comEnergi merupakan sumber daya yang membantu manusia dalam kehidupan sehati-hari. Ada banyak jenis energi, tiga di antaranya adalah energi kinetik, potensial, dan mekanik. definisi energi kinetik energi potensial dan energi mekanik!

Definisi energi kinetik

Istilah kinetik lahir dari bahasa Yunani “kinetikos” yang berarti gerak. Sehingga energi kinetik adalah energi yang dimiliki benda ataupun partikel karena adanya gerak. Semua benda yang bergerak memiliki energi kinetik.

Sebaliknya, jika benda tersebut tidak bergerak maka benda tidak memiliki energi kinetik. Energi kinetik dapat menghasilkan percepatan ataupun kecepatan pada benda. Dilaporkan dari Khan Academy , energi kinetik tidak hanya bergantung pada gerakan, melainkan juga pada massa benda tersebut.

Definisi energi potensial

Pada saat suatu benda diam, bukan berarti benda tersebut tidak memiliki energi. Benda diam memiliki energi yang mendukung mereka untuk bergerak atau melakukan kerja pada kondisi tertentu. Energi benda diam tersebut menimbulkan energi potensial.

Baca juga: Energi Potensial: Definisi, Jenis, dan Rumus Fisika

Definisi energi potensial adalah energi yang dimiliki benda diam pada ketinggian atau posisi tertentu. Misalnya, benda yang ditaruh di suatu tempat memiliki energi potensial yang didasarkan pada gaya gravitasi, massa, dan ketinggian benda tersebut.

Dilaporkan dari Encyclopedia Britannica , merupakan posisi relatif suatu benda terhadap sistem dan dapat muncul dalam bentuk lain. Misalnya, energi potensial listrik, energi potensial magnet, energi potensial elastis, energi kimia, dan juga energi nuklir yang menghasilkan ledakan atau pembangkit listrik.

Definisi energi mekanik

Definisi energi mekanik sebagaimana dilansir dari Thought Co  , adalah jumlah energi kinetik dan potensi dari suatu benda. Energi mekanik merupakan jumlah energi yang dimiliki benda saat diam, saat bergerak, dan juga saat benda tersebut kembali diam.

Energi mekanik dalam suatu benda adalah tetap, hal ini dirumuskan dalam hukum kekekalan energi mekanik. Melansir dari Lumen Learning  , kekekalan energi mekanik menyatakan bahwa energi mekanik dari suatu sistem yang bekerja adalah tetap selama sistem tersebut terbebas dari semua gaya hidup.

Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Teori Atom Niels Bohr

Energi mekanik sesuai dengan hukum kekekalan energi di mana energi tidak dapat dimusnahkan atau dibuat. Sebagai energi dapat diubah menjadi bentuk energi yang lain.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com