Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unsur-Unsur Daya Tarik Iklan

Kompas.com - 01/12/2021, 15:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comIklan merupakan suatu media yang digunakan untuk menginformasikan, mengingatkan, membujuk, dan mempromosikan sesuatu.

Iklan harus memiliki daya tarik yang kuat. Untuk mendapatkan daya tarik tersebut, pembuatan iklan harus memerhatikan unsur-unsur daya tarik iklan.

Menurut Kotler dan Amstrong dalam buku Principle Of Marketing (2011), iklan akan memiliki daya tarik jika sarat akan makna, dapat dipercayai (makna sesuai dengan kenyataan produk yang diiklankan), dan berbeda dengan iklan yang dikeluarkan pesaing (unik).

Unsur-unsur daya tarik iklan

Menurut Russel sebagaimana yang dikutip dari buku M. Suyanto yang berjudul Analisis dan Desain Aplikasi Multimedia untuk Pemasaran (2004), unsur-unsur daya tarik iklan televisi adalah musik, storyboard, script, endorser, slogan, dan logo. Penjelasannya sebagai berikut:

Musik

Musik adalah salah satu unsur daya tarik iklan yang penting dalam penayangan iklan dalam bentuk video. Musik dapat berupa lagu atau nada-nada yang disesuaikan dengan visualisasi iklan.

Ada juga perusahaan yang membuat lagu agar iklan promosi produknya lebih mudah diingat oleh penonton.

Baca juga: Apa yang Dilakukan dalam Membuat Produk dan Iklan Menarik untuk Diekspor?

Storyboard

Storyboard adalah rangkaian alur cerita yang akan dimuat dalam iklan. Storyboard adalah keseluruhan adegan dan gambar yang menjadi alur cerita dari iklan.

Pembuatan storyboard haruslah menarik dan tidak terlalu panjang, sehingga penonton tidak bosan.

Script

Script atau naskah berisikan kalimat yang akan dibacakan dalam iklan. Script iklan harus sesuai dengan storyboard dan juga musik, sehingga daya tarik iklan meningkat.

Endorser

Menurut Lutfi Ardiansyah dan teman-teman dalam jurnal Pengaruh Daya Tarik Iklan terhadap Efektivitas Iklan (2015), endorser adalah tokoh atau pemeran iklan yang bertujuan untuk memperkuat pesan yang disampaikan dari iklan.

Misalnya, iklan produk otomotif menggunakan pemeran iklan yang merupakan seorang pembalap. Atau iklan produk perlengkapan olahraga, menggunakan atlit sebagai pemeran iklannya.

Pemeran iklan dengan latar belakang yang sama dengan produk iklan dapat memperkuat kesan terpecaya dari iklan tersebut.

Baca juga: Hal-hal yang Diperhatikan pada Iklan Televisi

Slogan

Slogan adalah unsur daya tarik iklan berupa kalimat singkat yang mudah diingat. Slogan memiliki makna khusus dan bunyi yang mudah diingat sehingga dapat membuat iklan lebih menarik dan lebih mudah diingat oleh penontonnya.

Logo

Logo merupak suatu gambar sederhana yang mewakili pihak tertentu, baik pemerintah, badan hukum, perusahaan, dan juga produk dagang.

Logo dalam iklan merupkaan unsur daya tarik yang penting karena meningkatkan kesadaran merek. Logo membuat penonton tahu siapa yang menampilkan iklan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com