Kompas.com - 01/12/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi formasi bahasa teks berita KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi formasi bahasa teks berita

KOMPAS.comTeks berita adalah teks yang menerangkan tentang suatu kejadian atau peristiwa yang baru saja terjadi. Teks berita memiliki formasi bahasanya sendiri. Teks berita sebaiknya ditulis secara singkat, padat, dan jelas.

Formasi bahasa teks berita

Berikut penjelasan formasi bahasa teks berita, yakni:

Singkat

Menurut Khaerudin Kurniawan dalam jurnal Bahasa Indonesia Ragam Jurnalistik (1997), singkat artinya bahasa yang digunakan harus menghindari penjelasan panjang dan bertele-tele. Artinya, dalam formasi bahasa teks berita tidak boleh terjadi pemborosan kata.

Apalagi pada surat kabar teks berita harus ditulis singat dan tidak boleh terlalu panjang. Di televisi juga berita disampaikan secara singkat.

Sehingga, bahasa teks berita tidak boleh bertele-tele dan berputar-putar, melainkan langsung fokus pada pokok permasalahan yang akan disampaikan.

Baca juga: Menulis Berita dengan Adiksimba dan Graphic Organizer

Padat

Formasi bahasa teks berita juga haruslah padat. Artinya walaupun teks berita ditulis dengan singkat, teks tersebut tetap mengandung informasi yang lengkap.

Suatu teks berita harus ditulis dengan padat mengandung prinsip 5W+1H, sehingga bisa menjawab semua pertanyaan pembacanya.

Untuk dapat menulis teks berita yang singkat namun padat akan informasi, maka kita harus menggunakan kalimat-kalimat yang efektif.

Jelas

Menurut Sukirman Nurdjan dan kawan-kawan dalam buku Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi (2016) yang dimaksud dengan jelas adalah bahasa yang digunakan tidak memberi peluang untuk ditafsirkan berbeda dari apa yang dimaksud oleh penulis surat.

Artinya, bahasa yang jelas dapat menyampaikan informasi yang diinginkan tanpa adanya ambiguitas.

Ambiguitas dapat membuat informasi yang ditangkap oleh pembaca akan berbeda dengan informasi yang ingin disampaikan oleh penulis berita (menimbulkan penyimpangan dan bermakna ganda).

Formasi bahasa teks berita yang jelas juga membantu pembaca berita untuk menangkap makna berita hanya dalam sekali baca. Sehingga, pembaca tidak perlu membaca berulang kali untuk menemukan informasi dai berita.

Baca juga: Cara Menulis Judul Berita yang Baik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.