Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-Ciri Iklan Elektronik dan Bahasanya

Kompas.com - 09/11/2021, 15:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comIklan elektronik merupakan jenis iklan yang ditampilkan atau disiarkan di media elektronik, seperti televisi dan radio.

Menurut Jerny Luciana Sumilat dalam jurnal Makna Slogan dalam Iklan Elektronik Berbahasa Inggris pada Majalah Berbahasa Indonesia (2015), iklan elektronik adalah iklan yang menggunakan media atau peralatan elektronik, seperti radio, televisi, telepon, serta internet.

Sama seperti iklan pada umumnya, iklan elektronik harus dibuat sekreatif mungkin untuk menarik minat dan perhatian calon konsumen terhadap produk.

Dikutip dari jurnal Gaya Bahasa dalam Wacana Iklan Produk Kosmetik di Facebook (2019) karya Rini Damayanti, iklan elektronik terbagi menjadi dua, yakni hanya suara (audio), atau suara dengan tampilan gambar (audio visual).

Jika dibandingkan dengan jenis iklan media cetak, iklan elektronik bisa menjangkau lebih banyak orang. Namun, sayangnya harga iklan elektronik cenderung lebih mahal dibanding jenis iklan lainnya.

Baca juga: Hal-Hal yang Harus Ditonjolkan dalam Reklame atau Iklan

Ciri iklan elektronik dan bahasanya

Ciri utama iklan elektronik adalah karakteristik iklan yang bisa ditampilkan, yakni hanya sebatas suara (audio) atau suara dengan gambar (audio visual). Iklan elektronik juga punya durasi waktu untuk menampilkan iklannya.

Sementara itu, bahasa yang digunakan dalam iklan elektronik haruslah menarik, mudah dipahami, dan bersifat persuasif (membujuk). Penggunaan bahasa dalam iklan elektronik juga harus efektif, supaya pesannya bisa tersampaikan dengan mudah.

Iklan elektronik juga menggunakan bahasa yang cenderung sopan dan tepat. Sopan berarti tidak menyinggung kelompok tertentu, sedangkan tepat artinya sesuai dengan makna iklan yang disampaikan.

Baca juga: Contoh Kalimat Iklan Menyatakan Keunggulan Produk

Ciri-ciri iklan yang terdapat pada media elektronik

Ciri-ciri lain pada iklan elektronik, yakni:

  1. Karakteristik iklannya yang bisa berupa suara (audio), seperti di radio, atau suara dengan tampilan gambar (audio visual), seperti televisi.
  2. Bahasa yang digunakan menarik, mudah dipahami, dan sifatnya persuasif. Selain itu, bahasanya juga cenderung sopan serta tepat sasaran.
  3. Punya durasi atau waktu yang cenderung singkat.
  4. Pilihan kata dalam iklan elektronik lebih banyak menonjolkan informasi penting, misalnya nama dan keunggulan produk.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com