Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendera Semaphore: Pengertian, Ukuran, Manfaat, dan Gerakannya

Kompas.com - 09/11/2021, 12:19 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebelum adanya perangkat telepon dan juga komputer, sinyal visual merupakan salah satu cara pengiriman pesan yang digunakan oleh manusia. Bendera semaphore adalah salah satu alat yang digunakan.

Pengertian bendera semaphore

Bendera semaphore adalah bendera yang digunakan untuk mensinyalkan suatu pesan secara visual melalui gerakan dua tangan. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, pengiriman pesan dengan semaphore ditemukan sebelum ditemukannya telegraf oleh Claude Chappe di Perancis pada tahun 1794.

Ukuran bendera semaphore

Berapa ukuran bendera semaphore? Bendera semaphore merupakan bendera yang tidak terlalu besar. Bendera semaphore berbentuk persegi dengan panjang dan lebar 45 sentimeter yang diikatkan pada batang kayu sepanjang 55 sentimeter.

Bendera semaphore terdiri dari dua warna yaitu merah dan kuning. Segitiga berwarna kuning dijahit secara diagonal dengan segitiga berwana merah menjadi bendera semaphore berbebntuk persegi (warna merah berada di bagian atas).

Warna bendera semaphore sengaja dibuat cerah agar dapat dilihat dari jarak jauh (biasanya sinyal bendera dikirim antar kapal atau antar menara).

Baca juga: Perbedaan Baju Pramuka Siaga, Penggalang, dan Penegak

Manfaat bendera semaphore

Mengutip dari Canadian War Museum, bendera semaphore bermanfaat untuk komunikasi jarak jauh seperti dari kapal ke kapal, dari kapal ke pantai, dan dari menara ke menara. Bendera semaphore membantu komunikasi pada saat alat komunikasi seperti telegraf dan telepon belum ditemukan.

Dengan adanya bendera semaphore, seseorang dapat mengirimkan sinyal dengan cepat tanpa harus mengirim manusia sebagai kurir. Sehingga bendera semaphore biasa digunakan untuk mengirim pesan rahasia antar kapal laut militer Inggris.

Namun, perlahan bendera semaphore menjadi semakin populer dan mulai banyak orang yang mengerti maksud dari gerakan bendera semaphore. Sehinga bendera semaphore tidak lagi digunakan untuk menyempaikan pesan rahasia, melainkan untuk komunikasi secara umum.

Gerakan bendera semaphore

Bendera semaphore mengirim pesan dengan cara kedua tangan memegang bendera dan melakukan gerakan. Melansir dari National Museum of the Marine Corps, tiap gerakan mewakili 26 huruf abjad standar dan pengirim mengeja setiap kata dari pesan atau mengirim kode kelompok huruf.

Gerakan bendera semaphore selain menyimbolkan abjad, dapat juga menyimbolkan angka, meminta perhatian, dan juga menganulir pesan sebelumnya.

Baca juga: Tingkatan Pramuka Penggalang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com