Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Pemerintah Indonesia dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja

Kompas.com - 11/11/2021, 19:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia berupaya untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia. Supaya para tenaga kerja mampu bersaing dan mempunyai keahlian yang baik.

Dikutip dari jurnal Peranan Sektor Industri terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Kota Surabaya (2017) karya Rizki Herdian Zenda dan Suparno, tenaga kerja adalah penduduk dalam usia kerja yang siap melakukan pekerjaan, seperti mereka yang sudah bekerja, sedang mencari pekerjaan, sedang bersekolah, dan sedang mengurus rumah tangga.

Meningkatkan kualitas tenaga kerja

Kualitas tenaga kerja mencakup keahlian atau kemampuan yang dimiliki tenaga kerja dalam melakukan pekerjaannya. Kualitas juga mencakup pendidikan formal, bagaimana tenaga kerja bersikap serta berperilaku, dan lain sebagainya.

Menurut Sularno dalam Pelatihan Berbasis Kompetensi dalam Meningkatkan Posisi Tawar terhadap Kesempatan Kerja di Pasar Global (Buku Antologi Adminitrasi Publik dan Pembangunan: Festschrift untuk Sjamsiar Sjamsuddin (2016)), pelatihan tenaga kerja menjadi salah satu upaya pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja.

Baca juga: Perbedaan Tenaga Kerja dan Angkatan Kerja

Pelatihan merupakan kegiatan atau usaha untuk mempersiapkan tenaga kerja. Pelatihan dilakukan berkaitan dengan bidang pekerjaannya. Sebagai contoh ingin bekerja sebagai pegawai kantor, maka pelatihannya bisa berupa pelatihan komputer dan lain sebagainya.

Selain pelatihan, upaya lain yang dilakukan pemerintah ialah meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Sehingga pendidikan formal yang dimiliki tenaga kerja dapat memenuhi standar yang ada.

Upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia agar mampu bersaing dengan negara lain

Upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia adalah:

  1. Mengadakan pelatihan tenaga kerja. Upaya ini harus dibarengi pula dengan kualitas tenaga ahli sebagai pembimbing atau instrukturnya.
  2. Meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan formal. Misalnya memperbaiki sarana dan prasarana sekolah.
  3. Mengadakan latihan kerja bagi para tenaga kerja. Latihan ini ditujukan supaya calon tenaga kerja mempunyai gambaran tentang dunia kerja yang akan dihadapinya.
  4. Meningkatkan kualitas dan keterampilan tenaga ahli dalam mengajar atau memberi materi pada calon tenaga kerja. Supaya keahlian dan keterampilan tenaga kerja dapat meningkat.

Baca juga: Hubungan Tenaga Kerja dengan Perekonomian Sebuah Negara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com