Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi SMALL dan LARGE pada Microsoft Excel

Kompas.com - 13/09/2021, 14:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comMicrosoft excel sering digunakan untuk mengolah data berbentuk angka. Program ini diluncurkan oleh Microsoft Corporation, dan terus mengalami perkembangan fitur atau fasilitas yang ada di dalamnya.

Salah satu ciri khas excel dan program pengolah angka lainnya adalah penggunaan fungsi untuk mengolah angka. Fungsi ini dimanfaatkan untuk menghitung serta mencari hasil dari data angka yang telah dimasukkan sebelumnya ke dalam excel.

Dikutip dari buku Menguasai Formula dan Fungsi Excel 2007-2019 (2019) karya Adi Kusrianto, fungsi atau excel function merupakan formula khusus yang sering digunakan dalam perhitungan di excel. Fungsi ini dibuat untuk menyederhanakan perhitungan yang rumit dan panjang.

Cukup dengan menuliskan sejumlah fungsi, pengguna dapat langsung mengetahui hasilnya. Namun, penulisan fungsi dan datanya haruslah sudah sesuai, agar tidak terjadi kesalahan perhitungan atau hasilnya eror.

Baca juga: Fungsi ROUNDUP pada Microsoft Excel

Fungsi SMALL pada microsoft excel

Menurut Yudhy Wicaksono dan Solusi Kantor dalam buku Mengolah Data Statistik dengan MS Excel (2021), fungsi SMALL berguna untuk mencari tahu nilai ke-k yang paling kecil dalam sebuah rangkaian data.

Rumus fungsinya adalah:

=SMALL(array; k)

Array merupakan range data angka yang digunakan untuk mencari nilai ke-k paling kecil dalam sebuah data.

k merupakan rentang data yang ingin dicari tahu. Artinya dalam sebuah data, nilai k dimasukkan sesuai dengan nilai terkecil pertama, kedua, atau seterusnya yang ingin dicari.

Misalnya:

=SMALL(A2:A7; 1)

Angka 1 di atas menunjukkan nilai k yang ingin dicari. Artinya dalam rentang data A2 hingga A7, pengguna ingin mencari nilai terkecil pertama dalam sebuah data.

=SMALL(A2:A7; 2)

Sama seperti contoh sebelumnya, angka 2 di atas menunjukkan nilai terkecil kedua yang ingin dicari. Begitu pula selanjutnya, nilai k bisa diganti sesuai kebutuhan penggunanya.

Baca juga: Berapa Jumlah Kolom, Baris, dan Lembar Kerja pada Microsoft Excel?

Contoh:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com