Kompas.com - 06/09/2021, 12:15 WIB
Ilustrasi jumlah kolom dan baris Microsoft Excel KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi jumlah kolom dan baris Microsoft Excel

KOMPAS.com – Kehidupan manusia tidak lepas dari berbagai jenis data, di mulai data pendapatan, penjualan, data eksperimen, data nilai, hingga data kesehatan. Sebelum ditemukannya perangkat komputer, data-data tersebut dibuat secara manual di atas kertas.

Hingga ditemukannya komputer dan berbagai jenis aplikasi yang mempermudah pekerjaan manusia dalam mengolah data. Salah satu aplikasi atau program komputer yang sering digunakan adalah Microsoft Excel.

Microsoft Excel adalah aplikasi pengolahan data yang diluncurkan oleh Microsoft Corporation pada tahun 1985.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, Microsoft Excel adalah aplikasi spreadsheet yang bisa mengatur data dalam kolom dan barus yang dapat dimanipulasi melalui rumus yang memungkinkan perangkat lunak untuk melakukan fungsi matematika pada data.

Disadur dari Techopedia, spreadsheet tau lembar kerja Microsoft Excel menggunakan sekumpulan sel yang disusun menjadi baris dan kolom untuk mengatur dan memanipulasi data. Data yang dimasukkan bisa ditampilkan dalam berbagai bentuk seperti histogram, grafik, dan juga bagan.

Baca juga: Rumus Mencari Nilai Tertinggi dan Terendah pada Microsoft Excel

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jumlah kolom dan baris spreadsheet

Berapakah jumlah kolom, baris, dan lembar kerja pada Microsoft Excel? Jumlah lembar kerja dalam buku kerja Microsoft excel terdiri atas 256 kolom dan 65536 baris.

Dilansir dari situs resmi Microsoft, jumlah lembar kerja Microsoft Excel yang dapat dibuka tergantung pada memori yang tersedia dan sumber daya sistem.

Sehingga Microsoft Excel memungkinkan penggunanya membuka berapapun lembar kerja selama memori dan sumber dayanya mencukupi.

Microsoft Excel memiliki batasan sebanyak 16.384 kolom dengan lebar kolom maksimal terisi oleh 255 karakter. Dan juga memiliki batasan jumlah baris yang bisa dibuat, yaitu sebanyak 1.048.576 baris.

Dengan batasan kolom, baris, dan jumlah lembar kerja atau spreadsheet sebanyak itu, Microsoft Excel dapat menampung sangat banyak data.

Microsoft Excel juga membantu perhitungan data dan penyajian grafik dari banyak data yang akan sangat sulit dan rentan kesalahan jika dilakukan secara manual.

Keunggulan lain dari Microsoft Excel dalam pengolahan data yaitu bisa menaipulasi data dengan mudah dan menghubungkannya dengan aplikasi Microsoft Office lain seperti Microsoft Word.

Baca juga: Cara Menambah atau Menyisipkan Baris dalam Microsoft Excel

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.