Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Baileo, Rumah Adat Maluku

Kompas.com - 26/01/2021, 17:15 WIB
Ari Welianto

Penulis

KOMPAS.com - Rumah Baileo merupakan rumah adat daerah Maluku dan Maluku Utara.

Rumah Baileo adalah rumah panggung yang berbentuk persegi dengan ketinggian satu hingga dua meter. Di mana kerangka pada rumah adat tersebut terbuat dari kayu.

Pada dinding terbuat dari tangkai rumbia yang disebut gaba-gaba. Pada bagian atapnya terbuat dari rumbia yang dibuat tinggi dan besar.

Untuk bagian depan rumah adat tersebut terdapat beranda atau teras.

Dikutip dari buku Mengenal Rancang Bangun Rumah Adat di Indonesia (2017) karya Faris Al Faisal, rumah Baileo berbentuk panggung.

Tegaknya bangunan rumah Baileo ditopang oleh tiang-tiang kayu pendek yang berjajar ditanam ke dalam tanah.

Tiang yang umumnya dibuat dari kayu kelapa ini hanya menopang lantai rumah.

Pada atap ditopang oleh tiang sambungan yang ukurannya lebih kecil. Lantai rumah berukuran cukup luas, di mana dibuat dari susunan papan yang ditumpangkan pada kerangka atap.

Baca juga: Taneyan Lanjhang, Rumah Adat Masyarakat Madura

Papan-papan yang menjadi lantai disusun tanpa menggunakan paku. Kendati demikian, ketika diinjak lantai rumah tidak menghasilkan bunyi sama sekali.

Hal itu terjadi karena papan lantai telah dikuatkan dengan teknik kunci pada kerangka lantai sehingga tidak akan berderit.

Rumah Baileo tidak berdinding. Hal itu dilakukan merujuk kepada kepercayaan masyarakat setempat yang meyakini bahwa dengan tidak adanya jendela rumah adat Baileo, maka roh-roh nenek moyang bebas untuk masuk atau keluar rumah Baileo

Rumah Baileo yang tidak berdinding akan terasa sejuk pada saat digunakan bermusyawarah.

Fungsi rumah Baileo

Dikutip dari buku Rumah Adat Nusantara (2018), bangunan Baileo merupakan satu-satunya bangunan peninggalan yang menggambarkan kebudayaan siwa-lima.

Baca juga: Penyebab Keberagaman Ras

Untuk dapat mengetahui bahwa itu rumah Baileo, bisa dilihat bagian depan pintu tepat dimuka pintu rumah yang terdapat batu yang dinamakan batu pamali. Batu pamali adalah tempat iuntuk menyimpan sesaji.

Secara prinsip, rumah adat Baileo dibuat lebih tinggi agar penduduk setempat dapat melihat bahwa proses musyawarah dilakukan dari luar ke dalam dan dari bawah ke atas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com