Kompas.com - 26/01/2021, 14:22 WIB
Ilustrasi kepemimpinan JirsakIlustrasi kepemimpinan

KOMPAS.com - Seorang pemimpin memiliki peranan yang sangat vital dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Seorang pemimpin akan memberikan dampak dan energi yang besar kepada organisasi dan seluruh anggotanya.

Dilansir dari Jurnal Entrepreneur, beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, yaitu:

  • Memiliki sifat jujur

Kejujuran merupakan sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Sehingga seluruh anggota yang ada di bawahnya merasa tenang dan aman. Apa yang disampaikan oleh seorang pemimpin harus bisa dipertanggungjawabkan.

  • Komunikasi yang baik

Seorang pemimpin harus bisa berkomunikasi yang baik kepada anggotanya. Sehingga informasi yang diberikan bisa tersampaikan dengan baik.

Dengan komunikasi yang baik, maka anggota lebih mudah mengerti. Hal tersebut dapat mengruangi risiko salah paham antaranggota.

Baca juga: Tugas-Tugas Pemimpin

  • Bersikap adil

Pemimpin tidak boleh membeda-bedakan karyawan satu dan yang lainnya. Hal ini dapat menimbulkan kecemburuan sosial antaranggota dan menyebabkan perpecahan.

  • Bertanggung jawab

Seorang pemimpin yang baik dapat bertanggung jawan kepada dirinya sendiri maupun anggotanya. Jika salah satu anggotanya mengalami masalah, maka pemimpin harus turut ambil bagian untuk mempertanggungjawabkan.

  • Membangun tim yang baik

Sebagai pemimpin harus membangun tim yang baik dan solid. Hal ini bukan hanya untuk membuat anggota nyaman, tetapi juga membantu seorang pemimpin dalam mengembangkan visi dan misi organisasinya.

Untuk membangun tim yang baik, harus membangun kekompakan antaranggota organisasi atau perusahaan.

Baca juga: Jenis Organisasi di Lingkungan Sekolah

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X