Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tugas-Tugas Pemimpin

Kompas.com - 14/11/2020, 09:00 WIB
Cahya Dicky Pratama,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comPemimpin merupakan sosok vital dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Sukses atau tidaknya fungsi manajemen dalam sebuah organisasi dipengaruhi oleh kepemimpinan seorang pemimpin.

Pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang mampu mengelola organisasi dan menerapkan gaya kepemimpinan secara efektif dan efisien.

Karena pemimpin mempunyai peranan yang sangat vital dalam sebuah organisasi, maka tugas pemimpin pun bisa dibilang berat.

Dilansir dari buku Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia (2018) karya Muhammad Busro, dijelaskan bahwa ada lima tugas pemimpin dalam sebuah organisasi, yaitu:

  • Sebagai penentu arah

Pemimpin memiliki tugas memberikan arahan ke mana organisasi akan dibawa. Arah organisasi biasanya diwujudkan dalam bentuk visi dan misi organisasi.

Baca juga: Fungsi Manajemen dalam Ekonomi

Berkaitan dengan hal tersebut, pemimpin berusaha menentukan pencapaian visi dan misi organisasi melalui berbagai kegiatan organisasi.

Seorang pemimpin harus mampu mengarahkan strategi dan taktik keputusan organisasi yang hendak ditempuh sehingga segala sarana dan prasarana bisa dimanfaatkan secara optimal.

Selain itu, seorang pemimpin juga harus mampu mengambil keputusan dalam rangka menjalankan kekuasaan atau dalam rangka memecahkan berbagai masalah dalam organisasi yang dipimpinnya.

  • Selaku integrator

Maksudnya adalah pemimpin memiliki tugas sebagai pengintegrasi seluruh kegiatan yang akan dilakukan oleh organisasi yang dipimpinnya.

Apabila seorang pemimpin mampu mengintegrasikan seluruh kegiatan, maka sebanyak apapun kegiatan yang dijalankan oleh organisasi, semuanya tetap akan tertuju pada satu tujuan, yaitu tercapainya visi organisasi.

Baca juga: Kepemimpinan: Definisi dan Konsepnya

Selain mengintegrasikan kegiatan, pemimpin juga bertindak sebagai pengintegrasi anggota kelompok organisasi. Pemimpin perlu mengintegrasikan anggota kelompok organisasi agar tidak terjadi pengkotak-kotakan sehingga tujuan organisasi bisa dicapai secara efektif.

  • Sebagai mediator

Maksudnya adalah pemimpin memiliki tugas sebagai mediator antara keinginan organisasi dengan keinginan karyawan. Pemimpin merupakan pihak yang menerjemahkan seluruh visi dan misi perusahaan.

Dengan adanya penerjemahan tersebut, karyawan dapat memahami berbagai kegiatan yang harus dilakukan demi mencapai visi dan misi perusahaan.

Tidak hanya itu, tugas pemimpin sebagai mediator juga difokuskan pada penyelesaian situasi konflik yang mungkin terjadi dalam suatu organisasi.

  • Ilustrasi leadership.SHUTTERSTOCK Ilustrasi leadership.
    Mendelegasikan wewenang

Seorang pemimpin tidak mungkin bisa mengerjakan sendiri seluruh pekerjaannya. Oleh karena itu, salah satu tugas pemimpin adalah mendelegasikan sebagaian tugas dan wewenang kepada bawahannya.

Baca juga: Manajemen Sumber Daya Manusia: Tujuan dan Fungsinya

Pendelegasian wewenang diperlukan agar jalannya organisasi tidak mengalami kendala dan terhindar dari birokrasi yang rumit. Dalam hal pendelegasian wewenang, tanggung jawab dipikul bersama antara yang mendelegasikan dan yang menerima delegasi.

Dalam buku Manajemen Sumber Daya Manusia (2009) karya Edy Sutrisno, dijelaskan beberapa tujuan pendelegasian wewenang, antara lain:

  1. Agar pemimpin bisa memusatkan pemikirannya pada tugas pokok-pokok saja.
  2. Agar tugas yang tepat dikerjakan oleh orang yang lebih tepat sesuai dengan keahliannya.
  3. Agar semua pekerjaan berjalan lancar tanpa bergantung pada kehadiran pimpinan.
  4. Untuk mengembangkan potensi dan kemampuan para pegawai.
  • Sebagai pemimpin rapat

Rapat merupakan agenda penting yang harus dilaksanakan dalam sebuah organisasi. Melalui rapat, rencana yang telah disusun organisasi dibahas agar pelaksanaan rencana tersebut mudah untuk dilaksanakan.

Efektif atau tidaknya suatu rapat ditentukan oleh pemimpin rapat itu sendiri. Oleh karena itu, tugas pemimpin dalam sebuah rapat adalah membimbing dan menggerakkan anggota rapat agar mampu berpartisipasi secara baik sehingga bisa menghasilkan keputusan yang tepat bagi organisasi.

Baca juga: Manajemen Keuangan: Pengertian dan Fungsinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com