Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerajian dari Limbah Cangkang Kerang

Kompas.com - 09/01/2021, 10:00 WIB
Ari Welianto

Penulis

KOMPAS.com - Keberadaan limbah sering kali dijauhi orang karena dianggap sebagai barang kotor, tidak berguna, dan tidak memiliki manfaat.

Padahal jika limbah organik khususnya mampu dimanfaatkan dengan baik dibuat sebuah kerajinan bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Salah satu limbah organik yang bisa dimanfaatkan dengan dibuat kerajinan adalah cangkang kerang.

Jika cangkang kerang yang biasanya dibuang, bisa diolah menjadi produk kerajinana yang bernilai tinggi.

Dikutip dari jurnal Pengolahan Kulit Kerang untuk Bahan Baku Kerajinan (2009) karya Endang Pristiwati, Subagjo Subagjo, kulit kerang (cangkang) untuk dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan perlu diolah terlebih dahulu.

Baca juga: Kerajinan dari Bahan Limbah Kertas

Pengolahan dimaksudkan untuk menghilangkan kotoran, bau dan menghilangkan lapisan kulit luar agar supaya lapisan kulit mutiara (kulit dalam) bisa nampak.

Pengolahan kulit kerang dapat dilakukan dengan cara kimia dan mekanik.

Pengolahan kulit kerang cara kimia dilakukan dengan merendam didalam larutan asam klorida atau cuka, sedangkan untuk cara mekanik dilakukan dengan menggunakan gerinda.

Dikutip dari buku Pengelolaan Wilayah Pesisir yang Terpadu untuk Ketahanan Nasional (2020) karya Syifa Saputra dan kawan-kawan, cangkang kerang biasanya simetri bilateral, mempunyai sebuah mantel yang berbentuk seperti daun telingan atau cuping dan cangkap setangkup.

Kulit kerang meruakan bahan yang memiliki kandungan mineral dan umumnya karbonat tinggi.

Jika limbah cangkang kerang dibuang terus menerus tanpa adanya pengolahan yang tepat, maka dapat menimbulkan gangguan keseimbangan yang bisa menyebabkan lingkungan tidak berfungsi seperti semula dalam arti kesehatan, kesejahteraan dan keselamatan hayati.

Baca juga: Mengenal Kerajinan dari Limbah Kulit Jagung

Padahal cangkang kerang bisa diolah untuk kepentingan yang lebih luas. Tidak hanya untuk kerajinan tapi juga pemanfaatan bisa sebagai bahan material yang telah dilakukan oleh beberapa peneliti.

Kerajinan cangkang kerang

Dikutip dari buku A-Z: Rumah Ide Wirausaha (2019) karya Hanik Aida, mengubah sampah cangkak kerang menjadi aneka kerajinan bernilai jual tinggi, itu sangat memungkinkan.

Bahkan kerajinan dari limbah tersebut mampu menembus pasar ekspor ke berbagai negara.

Salah satu satu aneka kerajinan cangkang kerang berupa hiasan dinding, kerangka lampu, kotak tisu, atau jam dinding yang menawan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com