Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal UAS Biologi: Metabolisme Lemak

Kompas.com - 18/12/2020, 19:18 WIB
Silmi Nurul Utami,
Rigel Raimarda

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lemak adalah suatu istilah yang dalam ilmu biologi sering disebut dengan asam lemak, jenis ester apapun atau suatu campuran zat sejenis itu. Sementara itu, asam lemak adalah sebuah asam karboksilat yang bisa berbentuk jenuh ataupun tak jenuh.

Di dalam tubuh (pankreas), sebuah makanan berlemak akan diurai menjadi suatu asam lemak dan gliserol. Ada suatu enzim yang akan membantu pemecahan lemak tersebut, apakah nama enzim tersebut?

Seperti kita tahu bahwa orang yang memiliki kelebihan lemak memiliki tubuh yang besar. Sebenarnya, dimanakah letak kelebihan lemak itu sendiri? Untuk mengetahuinya, mari simak pembahasan nya berikut!

Soal dan Pembahasan

1. Dalam tubuh lemak akan dihidrolisis menjadi asam lemak dan gliserol dengan bantuan enzim…

Jawaban: Enzim Lipase

Lemak dalam makanan biasanya berbentuk trigliserol atau tiga asam lemak yang menempel pada gliserol. Lemak dari makanan akan masuk kedalam usus kecil mengaktifkan pankreas untuk mengeluarkan enzim lipase.

Enzim lipase kemudian masuk ke usus kecil, dan memecah trigliserol lemak menjadi tiga asam lemak dan gliserol.

Baca juga: 11 Makanan Pembakar Lemak untuk Bantu Turunkan Berat Badan

2. Kelebihan lemak akan disimpan di lapisan…

Jawaban: Lapisan dibawah kulit yaitu jaringan adiposa

Pada metabolisme lemak, setelah lemak digunakan oleh seluruh bagian tubuh yang memerlukan, kelabihan lemaknya akan disimpan sebagai cadangan makanan.

Dilansir dari Biology LibreTexts, kelebihan lemak dari makanan akan disimpan sebagai trigliserida atau badan keton dalam jaringan adiposa.

Cadangan lemak ini sangat berguna saat tubuh mengalami kelaparan, dimana tubuh akan masuk kedalam mode bertahan hidup.

Saat tubuh kelaparan, tidak ada karbohidrat yang masuk dan tidak terjadi proses glikolisis sehingga otak kehilangan energi untuk berpikir, dan tubuhpun tidak memiliki energi untuk bergerak.

Baca juga: Kenali Apa itu Lipoma, Benjolan Lemak di Bawah Kulit

Disaat inilah lemak pada jaringan adiposa dipecah untuk menggantikan peran karbohidrat sebagai sumber energi. Badan keton pada jaringan adiposa akan di hidrolisis menjadi gliserol.

Gliserol kemudian melewati proses glukoneogenesis untuk mengubahnya menjadi glukosa. Glukosa buatan dari lemak kemudian menjalani proses metabolisme karbohidrat untuk menghasilkan energi.

Energi tersebut digunakan untuk berpikir dan bergerak, inilah mengapa manusia dapat tahan berhari-hari tanpa adanya makanan karena memiliki cadangan lemak pada jaringan adiposa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com