Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Commands: Pengertian dan Contohnya

Kompas.com - 15/10/2020, 13:10 WIB
Risky Guswindari ,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Terdapat banyak commands atau imperative sentences pada procedure text. Tahukah kamu apa itu imperative sentences?

Dilansir dari Collins Dictionary, the imperative is used to give commands and orders. The form of the verb used for the imperative is the base form of the main verb, which is used without a subject.

Imperatif digunakan untuk memberi perintah dan suruhan. Bentuk kata kerja yang digunakan untuk imperatif adalah bentuk dasar dari kata kerja utama, yang digunakan tanpa subyek.

Dengan begitu, penggunaan kalimat imperatif bisa kita temui pada procedure text karena biasanya langkah-langkah yang ada pada procedure text berupa kata kerja yang menyuruh atau membuat kita melakukan sesuatu.

Misalnya add, stir, blend, take, prepare, dan lain-lain.

Baca juga: Struktur Teks Prosedur Kompleks

Struktur imperative sentence

Pada suatu kalimat imperatif, terdapat kata kerja bentuk dasar. Seperti dilansir dari EnglishClub, the typical form (structure) of an English imperative sentence uses the base verb with no subject. In fact, many imperative sentences consist of nothing but the verb.

Bentuk (struktur) tipikal kalimat imperatif bahasa Inggris menggunakan kata kerja dasar tanpa subyek. Bahkan, banyak kalimat imperatif yang hanya terdiri dari kata kerja.

Dikutip dari Collins Dictionary, the word order of a sentence in the imperative is (urutan kata dari kalimat pada imperatif adalah):

verb + object (if needed)

The negative imperative is made with do + not or don’t. (imperatif negatif dibuat dengan do + not / don’t).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com