Kompas.com - 15/10/2020, 19:19 WIB

KOMPAS.com - Sel elektrolisis merupakan salah satu sel elektrokimia selain sel volta. Apakah sel elektrolisis juga menghasilkan listrik seperti sel volta? mari simak penjelasan dibawah ini!

Pengertian Sel Elektrolisis

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, jika sel volta adalah sel elektrokimia yang mampu mengubah energi kimia menjadi listrik, sel elektrolisis adalah kebalikannya yaitu merubah energi listrik menjadi energi kimia.

Sel elektrolisis menggunakan energi listrik untuk menghasilkan reaksi redoks.

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Sel Elektrolisis

Prinsip Kerja Sel Elektrolis

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, sel elektrolisis memiliki dua elektroda yang bersifat negative dan positif dan dicelupkan kedalam larutan elektrolit yang mengandung ion-ion bermuatan. Kedua elektroda tersebut berada dalam wadah dan larutan elektrolit yang sama.

Baca juga: Pengertian dan Prinsip Kerja Sel Volta

Saat sel elektrolisis dialiri dengan listrik, muatan listrik yaitu elektron akan memicu reaksi redoks pada sel. Anoda akan mengalami reaksi oksidasi dan katoda akan mengalami reaksi reduksi.

Jika sel elektrolisis memiliki elektroda platina (Pt) dengan cairan elektrolit CuCl2, maka akan terjadi elektrolisis. Pada katoda akan terjadi reaksi:

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Reaksi pada katoda

Cu2+ adalah ion logam yang mengalami reduksi atau pengikatan elektron dan menghasilkan logam Cu sebagai produk. Pada anoda, ion-ion klorin (Cl-) akan mengalami oksidasi dengan persamaan sebagai berikut:
KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Reaksi pada anoda

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.