Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Burung Bisa Bicara?

Kompas.com - 08/08/2020, 20:31 WIB
Arum Sutrisni Putri

Penulis

Sumber Kidpid

KOMPAS.com - Apakah burung bisa bicara? Ya, seperti manusia yang memiliki bahasa masing-masing untuk komunikasi. Burung memiliki bahasa unik yang hanya bisa dipahami bangsa burung, untuk berkomunikasi satu sama lain.

Apakah burung bisa bicara?

Mengutip Kidpid, manusia bisa berbicara karena mempunyai pita suara. Sedangkan burung tidak memiliki pita suara melainkan syrinx. Untuk berkomunikasi atau menyampaikan pesan burung bisa berkicau dengan mengeluarkan suara menggunakan syrinx.

Ada dua jenis suara burung yaitu kicauan dan panggilan. Sehingga burung bisa berkomunikasi atau menyampaikan pesan. Ada juga burung yang pandai meniru yang disebut mimic birds. Burung ini disebut burung yang bisa bicara, contoh burung Beo.

Berikut ini penjelasan singkatnya:

Baca juga: Mengapa Ikan Asin Bisa Tahan Lama?

Salah satu fungsi utama pita suara adalah menghasilkan suara untuk berbicara. Manusia bisa berbicara satu sama lain karena ada pita suara di tenggorokan kita. Manusia juga memiliki lidah, gigi, bibir yang membantu menghasilkan kata-kata untuk diucapkan.

Berbeda dengan burung yang tidak memiliki pita suara. Burung memiliki syrinx yang terdiri dari otot dan selaput tenggorokan. Burung dianggap membuat suara menggunakan syrinx ini.

Burung tidak memiliki bibir yang merupakan organ utama yang penting untuk berbicara. Burung memiliki paruh tetapi paruh tidak mendukung kemampuan bicara burung. Selain itu, kebanyakan burung tidak memiliki gigi.

Baca juga: Apakah Sapi Bisa Berenang?

Burung yang berbeda bisa tentu mengeluarkan jenis suara yang berbeda pula. Suara burung yang kecil seperti suara kicauan, contoh burung Kenari. Suara burung yang besar biasanya berkoak, contoh burung Gagak.

Suara yang dibuat burung bukan sekadar suara tanpa arti. Burung bersuara untuk berkomunikasi, memberi sinyal, atau menyampaikan pesan.

Contoh, ketika dua burung gagak berebut makanan, mereka saling berkoak dengan keras. Suara burung gagak dalam situasi seperti itu merupakan ekspresi kemarahan atau ketidaksenangan.

Burung Merak jantan mengeluarkan suara menjerit dan merentangkan ekornya seperti kipas yang indah. Secara ilmiah, perilaku burung Merak jantan ini sebagai cara menarik perhatian burung Merak betina.

Baca juga: Mengapa Kucing Sangat Imut?

Suara burung diklasifikasikan menjadi dua kategori, yaitu nyanyian (kicauan) dan panggilan (penyampaian pesan). Umumnya, burung berkicau untuk mempertahankan wilayah dan menarik pasangan. Contoh, burung jantan bernyanyi untuk menarik perhatian burung betina.

Nyanyian burung mempunyai gaya yang jelas dan spesifik. Variasi kicau burung bisa tergantung dari waktu, musim atau lokasi geografis.

Kicau burung di pagi hari mungkin berbeda dengan kicau burung di sore hari. Ada burung yang mungkin suka bernyanyi di musim semi. Tetapi ada yang suka bernyanyi di musim lain.

Baca juga: Mengapa Kucing Takut Mentimun?

Suara burung yang merupakan panggilan biasanya untuk menyampaikan pesan kepada burung lain dengan nada tertentu. Spesies burung yang berbeda membuat nada yang berbeda pula.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com