Kompas.com - 08/08/2020, 14:00 WIB
Ilustrasi. FREEPIK/STOCKKINGIlustrasi.

KOMPAS.com - Kacang tanah itu buah atau sayur? Klasifikasi kacang tanah bisa termasuk buah dan juga bisa termasuk sayur. Namun, sebenarnya kacang tanah bukan termasuk kacang.

Berikut ini penjelasan singkatnya:

Kacang tanah buah atau sayur?

Sebelum membahas tentang kacang tanah, tahukah kamu perbedaan buah dan sayur?

Melansir Healthline, buah-buahan tumbuh dari bunga tanaman dan memiliki biji untuk perkembangbiakan. Sedangkan sayur-sayuran adalah semua bagian tanaman, meliputi akar, batang, dan daun.

Jadi secara botani, kacang tanah diklasifikasikan sebagai buah. Kacang tanah termasuk jenis tanaman buah legume (polong) dan bukan sayuran.

Tetapi, untuk tujuan kuliner, penelitian, dan nutrisi, kacang tanah dianggap sebagai sayur jenis kacang karena klasifikasi kuliner tergantung pada selera (taste).

Secara kuliner, buah-buahan adalah yang cenderung manis atau asam dan cocok digunakan dalam makanan penutup, camilan, kue kering, atau jus.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan secara kuliner sayuran lebih ringan, gurih atau pahit dan sebagai pendamping, semur, sup, dan salad.

Jadi, secara kuliner kacang tanah termasuk sayur yang dimanfaatkan sama seperti kacang-kacangan.

Baca juga: Mete Itu Kacang atau Buah?

Mengapa kacang tanah tidak termasuk kacang-kacangan?

Tanaman kacang tanah mempunyai nama ilmiah Arachis hypogaea L. Kacang termasuk buah jenis polong-polongan (legume) bukan kacang-kacangan (nuts).

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X