Apa yang Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar?

Kompas.com - 08/08/2020, 16:01 WIB
Ilustrasi. FREEPIKIlustrasi.

KOMPAS.com - Apakah yang akan terjadi apabila bumi berhenti berputar? Jika Bumi tiba-tiba berhenti berputar maka planet Bumi tidak akan dapat ditinggali.

Berikut ini penjelasan singkat dampak ketika Bumi berhenti berputar:

Apa yang terjadi jika Bumi berhenti berputar?

Berikut ini beberapa akibat bila Bumi tidak berputar:

  • Berhenti mendadak

Melansir NASA, jika Bumi berhenti berputar tiba-tiba, atmosfer akan tetap bergerak dengan kecepatan rotasi asli Bumi, yaitu 1.100 mil per jam di ekuator.

Semua daratan akan bersih dari apa pun yang tidak melekat pada batuan dasar Bumi karena terus berputar. Artinya, bebatuan, tanah lapisan atas, pohon, bangunan, termasuk lautan akan tersapu ke atmosfer dan akan hancur.

Bahkan, jika Bumi berhenti lebih dari satu menit mal akan menyebabkan semuanya mengalami perlambatan ke samping sebesar tiga perempat gravitasi Bumi.

Jadi, Bumi terasa turun seperti sudut 38 derajat dari vertikal. Hal ini mampu merobohkan sebagian besar bangunan.

Baca juga: Bumi, Rumah Kita

  • Perubahan daratan

Mengutip Science Focus, jika Bumi melambat selama beberapa tahun, bukan berhenti tiba-tiba, tetap akan mengakibatkan bencana.

Tanpa gaya sentrifugal, samudera akan bergerak menuju kutub. Akibatnya, kedalaman laut akan turun hingga 8 kilometer di sekitar ekuator.

Sehingga, air Bumi akan terbagi menjadi dua samudera kutub besar yang dipisahkan oleh sabuk tanah di tengahnya.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X