Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Orang Pakai Arloji di Tangan Kiri?

Kompas.com - 12/01/2020, 09:00 WIB
Ari Welianto

Penulis

KOMPAS.com - Sering kita melihat banyak orang yang memakai arloji atau jam tangan di pergelangan tangan kiri.

Karena alat pemutar jam berada di sebelah kanan. Sehingga lebih mudah untuk menyesuaikan pengaturan memakai tangan kanan.

Orang kidal juga lebih mudah untuk mengatur crown atau alat pemutar jam ketika jam di tangan kiri.

Sementara kalau jam digital tidak terlalu berpengaruh pemakaian di pergelangan tangan kanan atau kiri. Karena tidak memakai alat pemutar jam, tapi memiliki tombol. 

Banyak orang yang penasaran kenapa memakai jam di pergelangan tangan kiri tidak di tangan kanan.

David Feldman dalam buku Mengapa Hidung Anjing Basah Dan Mengapa-mengapa Lainnya (2006), memuat penjelasan para pakar menjelaskan mengapa banyak orang yang mengenakan arloji di tangan kiri. Mereka adalah ahli jam Henry Fried, Pat Campbell dari Bulova, dan Lowell Drutman dari Timex.

Pada zaman jam saku, alat pemutar telah ditaruh di dekat angka "3" atau sisi kanan arloji. Penempatan itu membuat kita canggung untuk memutar arloji dengan tangan kiri baik itu bagi orang kidal, tidak kidal, atau ambidekster (kemampuan orang memakai kedua tangan dengan sama-sama baik).

Baca juga: Jam Tangan Langka Patek Phillipe Dilelang, Ditaksir Capai Rp 196 M

Apakah generasi arloji yang tidak harus diputar akan mengubah preferensi orang untuk menempatkan arloji adalah perkara yang harus diamati oleh para ahli sosiologi.

Ahli jam Henry Fried menjelaskan tidak ada produsen arloji yang pernah mencoba untuk memasarkan arloji buat orang kidal. Memang terkadang ada perancang nyentrik yang menempatkan alat pemutar jam di dekat angkat "9".

Kebanyakan orang tidak kidal dan lebih sering menggunakan tangan kanan dari pada tangan kiri. Mereka lebih cenderung bisa merusak arloji bila mengenakan di tangan yang lebih dominan.

Tidak ada aturan dalam mengenakan jam tangan, meski banyak yang mengenakan di tangan kiri. Ada berbagai alasan, seperti untuk memudahkan dan praktis, karena bagian untuk mengatur jam terletak di bagian kanan jam.

Ada juga yang menyatakan sebagai seni dengan memasangkan gaya pribadi dengan mengenakan arloji.

Diberitakan Kompas.com (16/3/2019), tidak ada yang benar atau salah dalam memilih pergelangan tangan mana yang akan dipakaikan arloji.

Baca juga: Unik, Arloji Ini Terbuat dari Lelehan Senjata Api Ilegal

Tapi jika merujuk pada aturan sejak dulu, tangan yang dipakaikan arloji bukan tangan dominan. Kalau dominan tangan kanan, maka memakai arloji di tangan kiri.

Pada dasarnya tidak ada aturan baku. Tapi bisa memakai sesuai keinginan kita, baik di tangan kanan atau kiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com