5 Negara Terkecil di Dunia

Kompas.com - 18/01/2020, 09:00 WIB
Vatikan City Dok. PixabayVatikan City
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Di dunia ini ada beberapa negara yang memiliki luas wilayah kecil. Bahkan luasnya hanya sebatas luas satu kota atau wilayah.

Meski wilayahnya kecil, ada negara yang padat penduduk, sumber daya alam yang berlimpah dan termasuk negara tertua.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), berikut lima negara dengan luas terkecil:

Vatikan

Vatikan adalah negara terkecil di dunia. Luas wilayahnya 0,44 kilometer persegi dan berada di Benua Eropa tepatnya di dalam Kota Roma, Italia.

Baca juga: Berita Populer: Negara Terkecil di Dunia, hingga Kecerobohan Meghan Markle

Jumlah penduduk di Vatikan sekitar 1.000 jiwa menurut data pada 2017.

Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), di negara Vatikan terdapat pusat gereja Katolik di seluruh dunia, yakni Basilika Santo Petrus.

Vatikan adalah negara yang sepenuhnya merdeka.

Dinding abad pertengahan dan Renaissance (abad pembaharuan) membentuk batas-batas wilayahnya kecuali di lapangan Santo Petrus. Dinding-dinding tersebut dibangun untuk melindungi Paus yang merupakan pemimpin tertinggi umat Katolik.

Vatikan berdiri pada 11 Februari 1929 sesuai perjanjian Lateran antara Wakil Kepala Pemerintah Tahtah Suci dengan Italia. Isi utama perjanjian Lateran adalah diakuinya negara Vatikan yang berdaulat dan independen di bawah pemerintahan tanah suci.

Status istimewa bagi agama Katolik di Italia, dan ganti rugi terhadap Vatikan atas kerugian yang diderita ketika Italia didirikan.

Baca juga: Paus Fransiskus Kunjungi Taman Borobudur di Museum Etnologi Vatikan

Sistem pemerintahan di Vatikan adalah Teokrasi. Teokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana prinsip-prinsip ilahi memegang peran utama.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X