Dinosaurus Berdarah Panas Pertama Muncul 180 Juta Tahun Lalu

Kompas.com - 24/05/2024, 09:44 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Sebuah studi baru mengungkapkan kemampuan untuk mengatur suhu tubuh--sifat yang dimiliki semua mamalia dan burung saat ini, muncul pertama kali dan berevolusi di antara beberapa dinosaurus pada awal periode Jurassic sekitar 180 juta tahun lalu.

Pada awal abad ke-20, dinosaurus dianggap hewan berdarah dingin seperti halnya reptil modern yang mengandalkan panas Matahari untuk mengatur suhu tubuhnya.

Baca juga: Benarkah Kura-kura Termasuk Dinosaurus?

Nah, dalam studi baru ini, peneliti menunjukkan ternyata ada beberapa jenis dinosaurus yang kemungkinan mampu menghasilkan panas tubuh mereka sendiri.

Seperti dikutip dari Phys, Kamis (16/5/2024) kesimpulan itu didapat setelah peneliti mengamati penyebaran dinosaurus di berbagai iklim di Bumi sepanjang Era Mesozoikum, 1000 fosil, model iklim, geografi periode Era Mesozoikum serta pohon evolusi dinosaurus.

Tim peneliti menemukan bahwa dua dari tiga kelompok utama dinosaurus, theropoda (seperti T. rex dan Velociraptor) dan ornithischia (termasuk pemakan tumbuhan Stegosaurus dan Triceratops) berpindah ke iklim yang lebih dingin selama Jurassic Awal.

Hal tersebut menurut peneliti menunjukkan bahwa mereka mungkin telah mengembangkan endotermi atau kemampuan untuk menghasilakn panas secara internal.

Sebaliknya, sauropoda, kelompok utama lainnya yang mencakup Brontosaurus dan Diplodocus, tinggal di wilayah yang lebih hangat di planet ini.

"Analisis kami menunjukkan bahwa preferensi iklim yang berbeda muncul di antara kelompok dinosaurus utama sekitar waktu peristiwa Jenkyns 183 juta tahun yang lalu, ketika aktivitas gunung berapi yang intens menyebabkan pemanasan global dan kepunahan kelompok tumbuhan," kata Alfio Alessandro Chiarenza, penulis utama studi dari University College London Earth Sciences.

Peristiwa Jenkyns terjadi setelah lava dan gas vulkanik meletus dari celah panjang di permukaan bumi, menutupi sebagian besar wilayah di planet ini.