Waktu Konsumsi Obat Tekanan Darah Dapat Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Kompas.com - 11/06/2024, 18:00 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Penelitian menunjukkan bahwa meminum obat tekanan darah pada malam hari dibandingkan pagi hari dapat memberikan kontrol tekanan darah yang lebih baik.

Waktu konsumsi obat memengaruhi risiko serangan jantung

Mengonsumsi obat tekanan darah pada waktu yang sesuai dengan kronotipe pribadi seseorang dapat membantu melindungi jantung dari risiko serangan jantung, sebuah studi baru menunjukkan.

Baca juga: Benarkah Konsumsi Obat Tekanan Darah Tingkatkan Risiko Kanker Kulit?

Kronotipe adalah manifestasi perilaku ritme sirkadian yang kita alami sepanjang siang dan malam. Bisa dibilang, ini adalah jam internal tubuh, yang membantu menentukan apakah seseorang termasuk orang yang suka bangun pagi atau suka tidur.

Dengan kata lain, mungkin bermanfaat bagi orang yang suka tidur malam jika meminum obatnya di malam hari, dan bagi orang yang bangun pagi jika meminumnya di pagi hari.

Pengaturan waktu ini tampaknya memberikan perlindungan terhadap risiko yang terkait dengan tekanan darah (juga dikenal sebagai hipertensi).

Ritme sirkadian setiap orang (siklus biologis 24 jam) sedikit berbeda, berdasarkan genetika dan faktor lainnya. Ritme ini diketahui memengaruhi pola tidur, namun ritme ini ternyata juga membantu menentukan suhu tubuh, hormon, metabolisme dan, yang penting dalam penelitian ini, tingkat tekanan darah.

Studi mengenai waktu konsumsi obat

Dalam penelitian ini, tim ingin mengidentifikasi kronotipe partisipan sebelum melihat kesehatan jantung karena waktu konsumsi obat sebelumnya telah terbukti memengaruhi risiko kecemasan dan diabetes tipe 2.

Hasilnya menunjukkan bahwa meminum obat pada waktu yang 'tidak selaras' dengan kronotipe meningkatkan risiko menderita serangan jantung, terutama bagi mereka yang suka tidur malam yang biasanya paling aktif di malam hari, dan meminum obatnya di pagi hari.