Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Warna Mata Memengaruhi Penglihatan Seseorang?

Kompas.com - 17/05/2024, 09:31 WIB
Fadila Rosyada Hariri,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.comWarna mata sering kali menjadi fitur yang menarik dalam estetika seseorang, tetapi apakah warna mata juga memiliki pengaruh pada kemampuan penglihatan?

Pertanyaan ini telah menarik perhatian para ilmuwan dalam beberapa tahun terakhir, dengan penelitian yang mengeksplorasi korelasi antara warna mata dan penglihatan.

Baca juga: Bagaimana Warna Mata Tiap Manusia Bisa Berbeda-Beda?

Dikutip dari The New York Times, meskipun terdapat indikasi bahwa warna mata yang lebih gelap dapat memberikan keunggulan dalam beberapa aspek penglihatan, seperti waktu reaksi yang lebih baik, perbedaannya tidak selalu mencolok.

Studi di University of Louisville menunjukkan bahwa orang dengan mata gelap memiliki kinerja lebih baik dalam tugas reaktif, seperti memukul bola dan bermain sepak bola, sementara mereka dengan mata terang cenderung lebih unggul dalam tugas mandiri seperti memukul bola golf atau melempar bola.

Temuan serupa juga terjadi pada mahasiswa, di mana subyek dengan mata yang lebih gelap memiliki kinerja lebih baik dalam memukul bola raket.

Studi terbaru menunjukkan bahwa warna mata sebenarnya bisa memengaruhi kemampuan membaca seseorang.

Dalam sebuah percobaan oleh Kyoko Yamaguchi dan rekan di Liverpool John Moores University, 39 sukarelawan dewasa menjalani tes mata sederhana di bawah intensitas cahaya yang berkurang.

Hasilnya menunjukkan bahwa mereka dengan mata biru lebih baik dalam membaca kode di kondisi cahaya yang minim, dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang bermata coklat.

Meskipun penelitian ini masih awal dan dengan sampel yang relatif kecil, temuannya mendukung gagasan bahwa kehilangan pigmentasi pada iris adalah sifat yang dipilih dalam beberapa populasi untuk meningkatkan penglihatan di lingkungan dengan cahaya redup.

Baca juga: Cara DNA Memengaruhi Sidik Jari dan Warna Mata Kita

Meskipun ada variasi warna, semua iris terdiri dari protein seperti melanin yang menggelapkan mata. Namun, ketika pigmentasi berkurang, cahaya lebih banyak tersebar melalui lapisan transparan mata, memberi warna biru yang khas pada iris.

Ini menyoroti teori bahwa perubahan warna iris dapat memberikan keunggulan penglihatan tertentu tergantung pada lingkungan cahaya.

Artikel ini dibuat dengan bantuan artificial intelligence (AI). Dimohon untuk bijak memanfaatkan informasi. Jika Anda menemukan ada kesalahan informasi atau kesalahan konteks, silakan memberi tahu kami ke redaksikcm@kompas.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com