Studi: Sebelum Anjing, Rubah adalah Sahabat Manusia

Kompas.com - 13/04/2024, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Para pemburu kuno di Amerika Selatan mungkin telah memelihara rubah sebagai hewan peliharaan sebelum anjing peliharaan tiba di benua tersebut.

Bukti dari hubungan tak terduga ini berasal dari situs pemakaman berusia 1.500 tahun di Patagonia, Argentina, yang memiliki kerangka manusia bersama rubah. Temuan ini menunjukkan bahwa mereka mungkin memiliki ikatan khusus selama hidup mereka.

Awalnya ditemukan pada tahun 1991, situs arkeologi Cañada Seca berisi sisa-sisa setidaknya 24 anggota komunitas pemburu. Di dalam salah satu lubang pemakaman, para peneliti mengidentifikasi tulang-tulang seekor canid yang tidak diketahui, meskipun hubungan antara hewan tersebut dan manusia yang ada di kuburannya masih belum pasti sampai sekarang.

Untuk menguak misteri tersebut, peneliti melakukan analisis genetik, morfologi, dan isotop secara mendalam pada tulang purba. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengetahui bahwa rubah tersebut termasuk dalam spesies yang sekarang punah, yang dikenal sebagai Dusicyon avus dan berkeliaran di Amerika Selatan hingga sekitar 500 tahun yang lalu.