Kompas.com - 01/04/2024, 16:34 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Ada berbagai perubahan yang terjadi saat masa pubertas tiba.

Beberapa di antaranya yang bisa dilihat adalah tubuh menjadi lebih tinggi, otot menjadi lebih kuat, dan seringkali, bau badan menjadi lebih menyengat.

Kenapa bisa begitu?

Baca juga: Begini Cara Kerja Cuka untuk Hilangkan Bau Keringat di Pakaian

Ternyata itu ada pengaruhnya dengan senyawa pada tubuh remaja. Dan kini, seperti dikutip dari Sciencenews, ilmuwan telah mengidentifikasi beberapa senyawa yang memberikan aroma alami pada remaja.

Bau pada remaja

Berbeda dengan bayi dan balita, bau badan remaja memiliki dua jenis steroid yang berbau dan tingkat asam karboksilat yang lebih tinggi.

Bahan kimia tersebut terbentuk ketika bakteri memecah keringat dan sebum di ketiak, sekresi berminyak yang menjaga kelembapan kulit, dan kemudian berkontribusi terhadap perubahan nyata pada bau badan selama masa pubertas.

"Bau badan berubah seiring perkembangan. Ada keragaman yang sangat besar dari senyawa bau berbeda yang terdapat dalam bau badan," kata Helene Loos, ahli kimia dari Friedrich-Alexander-Universität Erlangen-Nürnberg di Jerman.

Dalam studinya, Loos dan rekannya mengumpulkan sampel bau badan dari 18 remaja berusia 14 hingga 18 tahun dan 18 anak kecil berusia 0 hingga 3 tahun yang tidur dengan kapas di bawah lengan mereka pada malam hari.

Setelah dianalisis peneliti menemukan anak-anak dan remaja memiliki lebih dari 40 senyawa yang sama.

Meski beberapa kelas bahan kimia itu tidak menunjukkan perbedaan antar kelompok umur, namun aroma asam karboksilat lebih banyak ditemukan pada remaja.