Kompas.com - 18/03/2024, 15:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Sumber CNN

KOMPAS.com - Para arkeolog di Turkiye mengatakan, mereka telah menemukan roti tertua di dunia yang berasal dari tahun 6600 SM.

Temuan itu dapat dilakukan setelah peneliti menemukan struktur oven di daerah yang disebut Mekan 66, di mana terdapat rumah-rumah bata lumpur yang bersebelahan, di situs arkeologi Çatalhöyük di provinsi Konya di Turkiye selatan.

Baca juga: Bukan Mesir, Penemu Roti Pertama Berasal dari Australia

Seperti dikutip CNN, Sabtu (9/3/2024), di sekitar oven, para arkeolog menemukan gandum, jelai, biji kacang polong, dan sisa-sisa residu berbentuk bulat seukuran telapak tangan.

Analisis menunjukkan bahwa residu organik tersebut adalah roti fermentasi berusia 8.600 tahun yang belum dimasak.

“Kami dapat mengatakan bahwa temuan di Çatalhöyük ini adalah roti tertua di dunia,” arkeolog Ali Umut Türkcan, kepala ekskavasi dan profesor di Universitas Anadolu, Turkiye.

“Ini adalah versi yang lebih kecil dari sepotong roti. Bagian tengahnya ditekan dengan jari, belum dipanggang, tetapi telah difermentasi dan bertahan hingga saat ini dengan pati di dalamnya. Belum ada contoh serupa yang seperti ini hingga sekarang,” tambahnya.

Analisi juga mengungkapkan tepung dan air telah dicampur, roti telah disiapkan di sebelah oven dan disimpan beberapa saat.

“Ini merupakan penemuan menarik bagi Turkiye dan dunia,” kata ahli biologi Salih Kavak, dosen di Universitas Gaziantep, Turkiye.

Menurut peneliti, bahan organik baik kayu maupun roti tersebut terawetkan oleh tanah liat tipis yang menutupi strukturnya.