Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fosil Hutan Pertama di Dunia Ditemukan, seperti Apa?

Kompas.com - 13/03/2024, 18:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peneliti telah menemukan fosil hutan dengan pohon-pohon kecil seperti palem serta jejak artropoda.

Menariknya fosil yang ditemukan secara kebetulan di barat daya Inggris ini merupakan hutan paling awal yang diketahui di Bumi.

Baca juga: Fosil Pohon Langka Ungkap Evolusi Tanaman, Seperti Apa?

Peneliti menyebut fosil tersebut berasal dari zaman Devonian Tengah dan berusia 390 juta tahun.

Temuan ini pun menggeser kedudukan fosil hutan Gilboa (berusia 386 juta tahun) di negara bagian New York yang sebelumnya dinobatkan sebagai hutan tertua di dunia.

Temuan baru juga berhasil menyoroti perbedaan antara kedua ekosistem tersebut dan menunjukkan bahwa hutan berubah dari kondisi relatif primitif menjadi kondisi yang baik hanya dalam waktu beberapa juta tahun.

Hutan pertama di Dunia

Mengutip Live Science, Selasa (5/3/2024) salah satu perbedaan yang bisa ditemui dari hutan tertua di dunia adalah hanya ada satu jenis pohon saja yang tumbuh di sana.

Jenis pohon yang sekarang sudah punah ini, yang dikenal sebagai cladoxylopsids, diperkirakan berkerabat dekat dengan pakis dan sphenopsid (ekor kuda).

"Kelihatannya seperti pohon palem, tetapi sama sekali tidak ada hubungannya dengan pohon palem," kata Neil Davies, penulis utama studi baru ini.

"Tanaman tersebut punya batang tengah yang panjang dan terlihat seperti daun palem yanag terlepas, namun itu sebenarnya bukan daun melainkan hanya sekumpulan ranting," tambahnya.

Pohon-pohon bermahkota ranting tersebut tingginya antara 2 hingga 4 meter yang artinya hutan di Inggris ini tidak memiliki vegetasi yang terlalu tinggi.

Baca juga: Kenapa Fosil Dinosaurus Jarang Ditemukan?

Fosil pohon tersebut terawetkan baik dalam bentuk batang berongga yang berisi sedimen maupun sebagai batang kayu tumbang yang menjadi rata selama ribuan tahun.

Davies dan rekan-rekannya sendiri menemukan sisa-sisa hutan selama kerja lapangan di Formasi Batu Pasir Hangman yang berasal dari periode Devonian Tengah (393 juta hingga 383 juta tahun lalu).

Selama periode Devonian, wilayah yang sekarang disebut Inggris merupakan bagian dari benua bernama Laurentia yang terletak tepat di bawah garis khatulistiwa sehingga iklimnya hangat dan kering.

Lebih lanjut, penemuan baru ini adalah contoh paling awal dari hutan dengan pepohonan yang tumbuh berdekatan dan berkelompok.

Selain itu di antara fosil pohon, peneliti menemukan jejak mahluk hidup yaitu artropda kecil yang berkeliaran di darat.

Meskipun para peneliti pada awalnya bermaksud untuk meneliti sedimen, penemuan fosil pohon secara kebetulan mungkin mengungkap titik balik dalam ekologi tumbuhan Devonian.

"Ini menunjukkan bahwa sekitar 390 juta tahun yanag lalu, terjadi perubahan mendadak di lingkungan hutan," papar Davies.

Studi dipublikasikan di Journal of the Geological Society.

Baca juga: Fosil Berusia 1,75 Miliar Tahun Bantu Jelaskan Fotosintesis Berevolusi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com