Fosil Hutan Pertama di Dunia Ditemukan, seperti Apa?

Kompas.com - 13/03/2024, 18:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Peneliti telah menemukan fosil hutan dengan pohon-pohon kecil seperti palem serta jejak artropoda.

Menariknya fosil yang ditemukan secara kebetulan di barat daya Inggris ini merupakan hutan paling awal yang diketahui di Bumi.

Baca juga: Fosil Pohon Langka Ungkap Evolusi Tanaman, Seperti Apa?

Peneliti menyebut fosil tersebut berasal dari zaman Devonian Tengah dan berusia 390 juta tahun.

Temuan ini pun menggeser kedudukan fosil hutan Gilboa (berusia 386 juta tahun) di negara bagian New York yang sebelumnya dinobatkan sebagai hutan tertua di dunia.

Temuan baru juga berhasil menyoroti perbedaan antara kedua ekosistem tersebut dan menunjukkan bahwa hutan berubah dari kondisi relatif primitif menjadi kondisi yang baik hanya dalam waktu beberapa juta tahun.

Hutan pertama di Dunia

Mengutip Live Science, Selasa (5/3/2024) salah satu perbedaan yang bisa ditemui dari hutan tertua di dunia adalah hanya ada satu jenis pohon saja yang tumbuh di sana.

Jenis pohon yang sekarang sudah punah ini, yang dikenal sebagai cladoxylopsids, diperkirakan berkerabat dekat dengan pakis dan sphenopsid (ekor kuda).

"Kelihatannya seperti pohon palem, tetapi sama sekali tidak ada hubungannya dengan pohon palem," kata Neil Davies, penulis utama studi baru ini.

"Tanaman tersebut punya batang tengah yang panjang dan terlihat seperti daun palem yanag terlepas, namun itu sebenarnya bukan daun melainkan hanya sekumpulan ranting," tambahnya.

Pohon-pohon bermahkota ranting tersebut tingginya antara 2 hingga 4 meter yang artinya hutan di Inggris ini tidak memiliki vegetasi yang terlalu tinggi.