Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/02/2024, 14:25 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Perasaan cemburu kerap muncul tidak hanya dalam hubungan romantis, tetapi juga bisa kita alami dalam hubungan dengan orangtua atau sahabat.

Jika tidak dikendalikan, kecemburuan bisa menjadi masalah hingga merusak suatu hubungan.

Apa itu perasaan cemburu?

Cemburu adalah emosi kompleks yang melibatkan perasaan tidak aman, ketakutan, kemarahan, kecemasan, dan kebencian.

Dr. Gery Karantzas, Associate Professor di School of Psychology, Deakin University, sekaligus Direktur Science of Adult Relationships Lab, mengatakan bahwa para peneliti mendefinisikan kecemburuan sebagai ancaman terhadap hubungan yang datang dari "saingan" atau faktor eksternal.

Menurut Dr. Gery, biasanya, saingan tersebut adalah orang lain, tapi kecemburuan bisa juga diarahkan pada hampir semua hal, baik yang nyata maupun persepsi.

Baca juga: Apa Itu Baby Blues, Perasaan Sedih yang Muncul Setelah Melahirkan?

Misalnya, kita mungkin merasa iri dengan pekerjaan pasangan kita yang menghabiskan seluruh waktunya atau hobi yang kita rasa menyita perhatian anggota keluarga dari kita.

Apakah kecemburuan adalah konstruksi sosial? 

Di satu sisi perdebatan, ada yang mengatakan bahwa kecemburuan adalah konstruksi sosial. Menurut psikolog evolusioner, kecemburuan adalah bagian dari sifat kita yang ditemukan pada orang-orang di seluruh dunia. 

Kebanyakan orang tentu pernah mengalaminya. Suka atau tidak suka, kecemburuan adalah pendamping cinta yang konstan, "tamu" tak diundang yang sulit untuk kita usir.

Jika demikian, kenapa kita dibebani dengan emosi yang mengganggu? Psikologi evolusioner mengatakan bahwa kecemburuan berevolusi untuk memotivasi kita dalam menjaga pasangan dan bahwa menjaga pasangan dianggap sebagai solusi untuk masalah perselingkuhan. 

Baca juga: 6 Perilaku Toxic dalam Hubungan yang Tidak Boleh Ditoleransi

Dr. Gery juga mengatakan, jenis emosi ini memiliki fungsi penting dalam hal melindungi diri dan melindungi hubungan. Kemarahan membuat kita ingin menghadapi ancaman, sedangkan kecemasan membuat kita memantau apa yang terjadi di sekitar kita agar kita tetap aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com