Bakteri Penyebab Manusia Sakit Bertahan Hidup di Mars, Apa Dampaknya?

Kompas.com - 06/02/2024, 15:34 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Penjelajah antarplanet di masa depan harus berhati-hati. Kenapa?

Bakteri yang dibawa ke Mars melalui tubuh manusia tidak hanya mampu bertahan dalam kondisi keras permukaan Mars tetapi juga berpotensi berkembang biak.

Baca juga: Kenapa Pilih Bikin Koloni di Mars daripada di Bulan?

Hal tersebut terungkap setelah peneliti melakukan eksperimen baru-baru ini.

Mereka mengekspos empat mikroba penyakit pada manusia ke lingkungan simulasi mirip Mars; dengan kekurangan air, tekanan atmosfer rendah, radiasi ultraviolet yang mematikan.

Hasil eksperimen menunjukkan bakteri tersebut tetap hidup selama berbagai periode waktu dan dalam beberapa kasus bahkan tumbuh di pasir tiruan Mars.

Bakteri yang berkembang biak di Mars

Mengutip Science News, Senin (5/2/2024) temuan tersebut pun dapat berimplikasi pada kesehatan para astronot dan upaya untuk mencegah kontaminasi planet lain.

Sebelumnya peneliti ingin memahami kemampuan bertahan hidup mikroba di Mars dengan bantuan organisme ekstremofil atau organisme yang hidup di Bumi dengan banyak radiasi, garam, perubahan suhu, atau kekeringan.

Namun pada tahun 2020, tim ilmuwan menemukan bahwa beberapa spesies bakteri yang hidup di atau di dalam tubuh manusia mampu tumbuh dalam media yang menyerupai kondisi miskin nutrisi yang ditemukan pada meteorit.

Hal tersebut membuat beberapa penelitti bertanya-tanya bagaimana bakteri itu bisa bertahan di lingkungan Mars yang tak kenal ampun.

Peneliti pun lantas menempatkan koloni bakteri Burkholderia cepacia, Klebsiella pneumoniae, Pseudomonas aeruginosa, dan Serratia marcescens ke dalam kotak dengan simulasi kondisi Mars dan regolith, atau tanah seperti yang ditemukan di permukaan Mars.