Ilmuwan Akhirnya Ungkap Jenis Anjing dengan Umur Terpanjang

Kompas.com - 02/02/2024, 17:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Anjing, umumnya, dapat hidung antara 10–13 tahun, meskipun terdapat variabilitas antar ras dan ukuran. Sebagai suatu spesies, anjing domestik memiliki ukuran, bentuk, dan penampilan yang sangat beragam, berkat campur tangan manusia.

Secara umum, ras anjing kecil hidup lebih lama dibandingkan ras anjing besar. Penyebab hal ini belum diketahui secara pasti, namun spesies mamalia yang lebih kecil, biasanya, memiliki umur yang lebih pendek dibandingkan spesies mamalia yang lebih besar.

Namun, dari rata-rata tersebut, anjing jenis apa yang mungkin memiliki usia terpanjang?

Anjing dengan usia terpanjang

Para peneliti telah menganalisis data setengah juta anjing untuk mendapatkan hasil pasti tentang spesies mana yang hidup paling lama.

Hasilnya, studi tersebut menemukan bahwa anjing kecil berhidung panjang memiliki rata-rata harapan hidup hingga 13,3 tahun.

Baca juga: Studi Baru Ungkap Mengapa Anjing Mengibaskan Ekornya

Studi yang dipublikasikan di Scientific Reports ini menyelidiki data lebih dari 580.000 ekor anjing di Inggris. Anjing-anjing ini diklasifikasikan sebagai salah satu dari 155 ras murni resmi atau sebagai persilangan.

Selain ras, para peneliti mengumpulkan data tentang jenis kelamin dan tanggal lahir anjing, ditambah tanggal kematian jika ada. Faktanya, hampir setengah (49 persen) anjing telah mati sebelum penelitian dimulai. Ini membantu mereka menentukan tingkat kematian.

Dengan menggunakan deskripsi resmi spesies, para peneliti menentukan ukuran masing-masing anjing (kecil, sedang, atau besar) dan bentuk kepala (berhidung pendek, berhidung sedang, atau berhidung panjang). Namun, para peneliti tidak memiliki informasi ini untuk anjing persilangan, sehingga hasil mengenai bentuk kepala terbatas pada anjing ras murni.

Dengan semua data ini, mereka menghitung median harapan hidup dari berbagai kategori. Misalnya, anjing betina, menurut penelitian, memiliki harapan hidup 12,7 tahun, dibandingkan dengan anjing jantan yang harapan hidupnya adalah 12,4 tahun.