Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Akhirnya Ungkap Jenis Anjing dengan Umur Terpanjang

Kompas.com - 02/02/2024, 17:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Anjing, umumnya, dapat hidung antara 10–13 tahun, meskipun terdapat variabilitas antar ras dan ukuran. Sebagai suatu spesies, anjing domestik memiliki ukuran, bentuk, dan penampilan yang sangat beragam, berkat campur tangan manusia.

Secara umum, ras anjing kecil hidup lebih lama dibandingkan ras anjing besar. Penyebab hal ini belum diketahui secara pasti, namun spesies mamalia yang lebih kecil, biasanya, memiliki umur yang lebih pendek dibandingkan spesies mamalia yang lebih besar.

Namun, dari rata-rata tersebut, anjing jenis apa yang mungkin memiliki usia terpanjang?

Anjing dengan usia terpanjang

Para peneliti telah menganalisis data setengah juta anjing untuk mendapatkan hasil pasti tentang spesies mana yang hidup paling lama.

Hasilnya, studi tersebut menemukan bahwa anjing kecil berhidung panjang memiliki rata-rata harapan hidup hingga 13,3 tahun.

Baca juga: Studi Baru Ungkap Mengapa Anjing Mengibaskan Ekornya

Studi yang dipublikasikan di Scientific Reports ini menyelidiki data lebih dari 580.000 ekor anjing di Inggris. Anjing-anjing ini diklasifikasikan sebagai salah satu dari 155 ras murni resmi atau sebagai persilangan.

Selain ras, para peneliti mengumpulkan data tentang jenis kelamin dan tanggal lahir anjing, ditambah tanggal kematian jika ada. Faktanya, hampir setengah (49 persen) anjing telah mati sebelum penelitian dimulai. Ini membantu mereka menentukan tingkat kematian.

Dengan menggunakan deskripsi resmi spesies, para peneliti menentukan ukuran masing-masing anjing (kecil, sedang, atau besar) dan bentuk kepala (berhidung pendek, berhidung sedang, atau berhidung panjang). Namun, para peneliti tidak memiliki informasi ini untuk anjing persilangan, sehingga hasil mengenai bentuk kepala terbatas pada anjing ras murni.

Dengan semua data ini, mereka menghitung median harapan hidup dari berbagai kategori. Misalnya, anjing betina, menurut penelitian, memiliki harapan hidup 12,7 tahun, dibandingkan dengan anjing jantan yang harapan hidupnya adalah 12,4 tahun.

Baca juga: Apakah Anjing Memiliki Pusar?

Harapan hidup tertinggi dimiliki anjing kecil berhidung panjang dari kedua jenis kelamin, seperti whippet, mini dachshund, dan anjing gembala Shetland, yaitu 13,3 tahun.

Sebaliknya, anjing berukuran sedang dan berhidung pendek memiliki harapan hidup terendah, terutama jika jantan (9,1 tahun, dibandingkan dengan 9,6 tahun untuk betina). Bulldog Inggris termasuk dalam kategori ini.

Lebih dari separuh anjing ras dalam penelitian ini adalah salah satu dari 12 ras paling populer, termasuk Labrador, Jack Russell Terrier, dan Cavalier King Charles Spaniel. Studi tersebut menemukan, Labrador memiliki harapan hidup yang tinggi yaitu 13,1 tahun, Jack Russells mencapai 13,3 tahun, dan Cavalier King Charles Spaniel sedikit lebih rendah, yaitu 11,8 tahun.

Yang mengejutkan, penelitian ini menemukan bahwa ras murni umumnya hidup lebih lama (12,7 tahun) dibandingkan ras persilangan (12,0 tahun).

Peneliti studi tersebut, Kirsten McMillan, mengatakan bahwa hasil ini dapat membantu mengidentifikasi anjing yang berisiko mengalami kematian dini.

Baca juga: Perilaku Aneh Kanguru, Coba Tenggelamkan Anjing

Harapannya, peneliti dapat membantu pemilik anjing untuk lebih memahami apa yang perlu mereka lakukan dan berbagai faktor yang memengaruhi kesehatan dan umur panjang, terutama saat memelihara anjing.

Mereka juga menyarankan bahwa penelitian di masa mendatang harus menyelidiki 'ras perancang', seperti Labradoodles dan Cockapoo, karena anjing-anjing ini memiliki tingkat keragaman genetik yang berbeda dalam DNA mereka dibandingkan anjing ras murni dan anjing kampung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com