Temuan Ular Air Baru, Spesies Ular Endemik di Sulawesi Total Jadi 60

Kompas.com - 30/01/2024, 09:31 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Sumber BRIN

KOMPAS.com - Tim peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) berhasil menemukan jenis ular air baru di Danau Towuti, Sulawesi Selatan.

Temuan taksa baru ular yang diberi nama Hypsiscopus indonesiensis ini pun menambah jumlah spesies ular di Sulawesi yang semula berjumlah 59 spesies menjadi 60 spesies.

Baca juga: 5 Spesies Hewan yang Baru Ditemukan Tahun 2023

Temuan spesies ular ini berdasarkan studi molekuler yang dilakukan tim peneliti BRIN bersama tim dari Institut Pertanian Bogor, Universitas Tanjungpura, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Mengutip laman resmi BRIN, Senin (29/1/2024) peneliti Pusat Riset Biosistematika dan Evolusi, Organisasi Riset Hayati dan Lingkungan, BRIN, Amir Hamidy mengungkapkan Hypsiscopus indonesiensis memiliki ciri tertentu.

Ciri spesies ular air baru yang ditemukan

Ular bewarna abu-abu kecoklatan tersebut memiliki ekor yang pipih secara lateral, jumlah baris sisik yang lebih banyak di bagian tengah tubuh, jumlah sisik ventral yang lebih banyak, jumlah sisik ekor yang lebih sedikit, dan pola warna yang khas (blirik) dibandingan jenis Hypsiscopus lain.

Jika dilihat dari karekter fisiknya, ular endemik Sulawesi ini populernya disebut ular air ekor pipih.

Kelompok genus tersebut hidup diperairan tawar dan memangsa ikan kecil, anak katak dan kepiting.

Sementara dilihat dari panjang tubuhnya H. indonesiensis relatif kecil, yakni kurang dari 1 meter (>700mm) dan hanya tersebar di Danau Towuti.

Alhasil ular ini memiliki tingkat endemisitas yang lebih tinggi dibandingkan H. matannensis.

Kendati demikian perlu studi lebih lanjut mengenai populasi dan sebarannya untuk mengevaluasi status konservasinya.