Studi Sebut Salad Tidak Cocok Jadi Makanan Luar Angkasa

Kompas.com - 25/01/2024, 16:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Sayuran jadi salah satu bahan pangan yang coba ditumbuhkan para astronot di luar angkasa.

Selain bisa jadi alternatif makanan para astronot, harapannya, sayur mayur yang berhasil dikembangkan itu dapat mendukung misi jangka panjang para penjelajah luar angkasa ini.

Baca juga: Apa Makanan yang Cocok untuk Perjalanan Luar Angkasa?

Namun, penelitian baru memperingatkan bahwa tanaman yang tumbuh di lingkungan gayaberat mikro lebih rentan terhadap infeksi seperti E.coli atau Salmonella.

Hal ini tentu saja membuat para astronot menghadapi potensi risiko kesehatan.

Hasil tersebut terungkap setelah tim ilmuwan menanam selada dalam simulasi lingkungan gayaberat mikro di Bumi dan menemukan bahwa tanaman kesulitan melindungi diri dari bakteri berbahaya di luar angkasa.

Studi tanaman

Mengutip Gizmodo, Rabu (24/1/2024) sekelompok peneliti menanam tanaman dalam alat yang disebut klinostat, yang memutar tanaman seperti ayam rotisserie sehingga tanaman kehilangan arah.

"Akibatnya, tanaman tidak akan mengetahui arah mana yang naik atau turun. Kami agak mengacaukan respons mereka terhadap gravitasi," papar Noah Totsline dari Departemen Ilmu Tanaman dan Tanah Universitas Delaware, dan penulis utama.

Tumbuhan memiliki sel penginderaan gravitasi yang membuat akarnya tumbuh ke bawah menuju gravitasi, sedangkan tanaman itu sendiri tumbuh ke atas dengan arah berlawanan gravitasi.

Dalam lingkungan gayaberat mikro, para peneliti menemukan bahwa pertahanan alami tanaman terhadap pemicu stres menjadi kurang efektif.