Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/12/2023, 17:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Rutin jalan kaki setiap hari adalah cara yang baik dan mudah untuk meningkatkan sekaligus menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Kita cukup jalan kaki selama 30 menit setiap hari untuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular, memperkuat tulang, mengurangi lemak tubuh berlebih, serta meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot.

Jalan kaki rutin juga dapat mengurangi risiko berkembangnya masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, osteoporosis, dan beberapa jenis kanker.

Waktu terbaik untuk jalan kaki

Jalan kaki secara rutin memiliki manfaat, baik dilakukan kapan saja sepanjang hari. Jadwal dan preferensi pada akhirnya dapat membantu seseorang untuk menentukan waktu terbaiknya untuk jalan kaki.

Namun, jalan kaki di pagi atau siang hari bisa menjadi peluang terbaik untuk memulai dan mempertahankan aktivitas fisik ini.

Baca juga: Berapa Berat Badan yang Turun jika Rutin Jalan Kaki Setiap Hari?

Meski demikian, jalan-jalan sore juga bisa jadi yang paling cocok untuk seseorang yang hanya punya waktu luang di malam hari.

Pilihan lainnya adalah membagi waktu jalan menjadi lebih pendek dan melakukan beberapa perjalanan singkat setiap hari.

Manfaat jalan kaki untuk kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat dari jalan kaki setiap hari.

1. Jantung semakin kuat

Jalan kaki dapat meningkatkan detak jantung, yang sekaligus meningkatkan fungsi pemompaannya.

Perlu diingat bahwa jantung adalah otot. Melakukan aktivitas fisik yang memaksa jantung untuk memompa dengan cepat, seperti saat berjalan dengan intensitas sedang, akan memperkuatnya.

Baca juga: 5 Hal yang Terjadi pada Tubuh jika Jalan Kaki Setiap Hari

Kebiasaan jalan kaki setiap hari seiring waktu akan dapat memindahkan darah melalui sistem dengan lebih mudah dan efisien.

Jalan kaki setiap hari juga meningkatkan daya tahan kardiovaskular sehingga memungkinkan kita untuk berolahraga lebih lama dan lebih keras.

2. Tulang dan sendi lebih sehat

Jalan kaki adalah aktivitas menahan beban sehingga melakukannya setiap hari dapat menjaga kesehatan tulang, meningkatkan kepadatan tulang, dan mengurangi risiko osteoporosis serta patah tulang.

Jalan kaki memberi tekanan pada tulang, yang membantu tulang mempertahankan kekuatannya.

Jalan kaki setiap hari juga memperkuat otot, tendon, dan ligamen yang mengelilingi persendian sehingga lebih otot mampu menopang beban tubuh, alih-alih seluruh beban mendarat di persendian.

Baca juga: Tak Hanya Jalan Kaki 10.000 Langkah, Jalan Cepat Juga Punya Manfaat bagi Kesehatan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com