Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi: Hewan Peliharaan Dapat Memperlambat Kesehatan Kognitif Lansia

Kompas.com - 29/12/2023, 14:00 WIB
Usi Sulastri,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siapa yang memiliki hewan peliharaan di rumah?

Tidak hanya menawarkan keceriaan dengan tingkah lucu mereka dan membawa suasana menyenangkan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Domestikasi Hewan, Begini Sejarah Manusia Punya Peliharaan

Tetapi ternyata, hewan peliharaan juga berpotensi dalam memperlambat proses penurunan kognitif pada lansia.

Penelitian terkini menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan bisa meningkatkan kesehatan kognitif lansia khususnya bagi mereka yang hidup sendiri, dikutip dari earth.com, Kamis (28/12/2023).

Hewan peliharaan bisa tingkatkan fungsi kognitif

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Sun Yat-sen di Tiongkok menyelidiki hal ini.

Data yang diperoleh melalui English Longitudinal Study of Aging (ELSA), peneliti menemukan bahwa lansia yang memiliki hewan peliharaan cenderung mengalami penurunan fungsi kognitif yang lebih lambat dibandingkan mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Lebih spesifik lagi, kelompok lansia ini menunjukkan laju penurunan yang lebih rendah dalam hal memori verbal, kefasihan verbal, dan secara umum dalam kognisi verbal.

Hal ini jika dibandingkan dengan lansia yang tinggal bersama orang lain.

Memori verbal berhubungan dengan kemampuan mengingat informasi yang didapat melalui tulisan atau ucapan, dilansir dari New Atlas, Kamis (28/12/2023).

Memori ini merupakan bagian dari memori episodik, jenis memori yang berkaitan dengan pengalaman pribadi dan konteks waktu serta tempat kejadiannya.

Baca juga: Kenapa Kita Sangat Sedih Saat Kehilangan Hewan Peliharaan? Sains Beri Jawaban

Sementara itu, kefasihan verbal berkaitan dengan kelancaran seseorang dalam menghasilkan kata-kata yang mencerminkan efisiensi pengambilan memori dan fungsi eksekutif otak.

Penelitian lain mendukung hal ini

Hasil ini mendapat dukungan dari penelitian lain.

Studi cross-sectional sebelumnya juga telah menemukan bahwa memiliki hewan peliharaan berkaitan dengan peningkatan memori verbal dan fungsi eksekutif.

Bahkan saat menggunakan metode penilaian kognitif yang berbeda, seperti tes seri pengurangan tujuh atau tes gambar jam, korelasi positif antara kepemilikan hewan peliharaan dan kemampuan kognitif tetap terlihat.

Sebuah studi terfokus yang melibatkan 32 peserta menunjukkan bahwa mereka yang memiliki hewan peliharaan mengalami penurunan yang lebih lambat dalam memori verbal dan fungsi eksekutif selama sepuluh tahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com