Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menjadikan Belajar sebagai Kebiasaan Sehari-hari

Kompas.com - 09/12/2023, 12:35 WIB
The Conversation,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

Bagaimana saya bisa menjadikan belajar sebagai kebiasaan sehari-hari? - Jesni P., usia 15 tahun, Mumbai, Maharashtra, India

Oleh: Deborah Reed

BELAJAR - kamu tahu kamu harus melakukannya, tapi kamu tidak bisa membuatnya jadi kebiasaan. Mungkin karena kamu lupa, teralihkan perhatiannya, atau tidak ingin melakukannya.

Memahami apa itu kebiasaan, dan bagaimana kebiasaan itu terbentuk, dapat membantumu menemukan cara untuk belajar setiap hari.

Baca juga: Mengapa Anak-anak Bisa Belajar Hal Baru dengan Cepat?

Lingkaran kebiasaan

Kebiasaan adalah perilaku yang kita lakukan secara teratur atau rutin. Sebagai seorang profesor yang mempelajari cara membantu siswa menjadi pembaca dan penulis yang lebih baik, saya dapat memberi tahu bahwa, penelitian menunjukkan, kebiasaan memiliki sebuah lingkaran: isyarat, rutinitas, penghargaan.

Katakanlah kamu memiliki kebiasaan makan camilan sepulang sekolah. Ketika sekolah akan berakhir, kamu mulai merasa lapar. Pulang sekolah adalah isyarat untuk mengambil camilan.

Makan camilan adalah rutinitas. Imbalannya adalah rasa enak dan hilangnya rasa lapar, yang memperkuat kebiasaan tersebut - dan membuat kamu ingin mengulanginya lagi keesokan harinya.

Berikut adalah hal-hal yang perlu dilakukan untuk membuat lingkaran belajar:

  1. Waktu yang ditetapkan untuk belajar setiap hari.
  2. Isyarat untuk mulai belajar.
  3. Lingkungan yang membantumu untuk tetap berpegang pada rutinitas belajar.
  4. Hadiah untuk belajar.

Menetapkan waktu

Ketika kamu melakukan suatu hal di waktu yang sama setiap hari, akan lebih mudah untukmu mengingat hal tersebut.

Untuk menentukan berapa banyak waktu yang harus disisihkan setiap hari untuk belajar, kalikan tingkat kelas dengan 10 menit.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Belajar?

Itu berarti jika kamu berada di kelas tiga, kamu perlu menghabiskan sekitar 30 menit per hari untuk belajar. Ini termasuk waktu yang dihabiskan untuk berlatih membaca. Jika kamu duduk di kelas delapan, kamu akan menghabiskan 80 menit per hari - yaitu satu jam 20 menit - untuk belajar.

Penelitian menunjukkan bahwa dua jam adalah jumlah maksimum waktu belajar harian yang bermanfaat. Menghabiskan waktu lebih dari itu secara teratur dapat menyebabkan stres, kecemasan, dan mungkin mengganggu kebiasaan tidur yang sehat.

Jadi, pilihlah satu blok waktu pada sore atau malam hari ketika kamu memiliki waktu yang tepat untuk belajar setiap hari.

Mungkin ada hari-hari ketika tugas tidak memenuhi seluruh blok waktu yang telah ditetapkan. Pada hari-hari tersebut, kamu bisa meluangkan waktu untuk mengulas materi yang telah kamu pelajari; secara teratur mengulang kembali informasi membantu kamu mengingatnya dan memikirkan bagaimana mengintegrasikannya dengan hal-hal baru yang kamu pelajari.

Kamu juga bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk membaca buku. Studi menunjukkan kebiasaan membaca setiap hari selama 20 menit akan meningkatkan kosakata, kemampuan bahasa dan pengetahuan secara keseluruhan.

Isyarat untuk memulai

Belajar pada waktu yang sama setiap hari adalah salah satu isyarat, tetapi kamu mungkin membutuhkan sesuatu yang lebih konkret saat pertama kali membentuk kebiasaanmu.

Baca juga: Cara Belajar Efektif Menurut Para Ahli

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com