Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2023, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Sistem kekebalan melindungi tubuh dari infeksi. Seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah mungkin lebih rentan terhadap infeksi.

Sel darah putih, antibodi, dan komponen lainnya, termasuk organ dan kelenjar getah bening, membentuk sistem kekebalan tubuh.

Banyak kelainan yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan seseorang mengalami gangguan imun. Gangguan ini bisa berkisar dari ringan hingga berat.

Tanda-tanda sistem imun yang lemah

Berikut adalah tanda-tanda sistem imun yang lemah yang penting untuk diperhatikan.

1. Selalu pilek

Sangatlah normal bagi orang dewasa untuk bersin dan pilek selama dua atau tiga kali setiap tahunnya. Kebanyakan orang pulih dari pilek dalam tujuh hingga 10 hari.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Lansia

Namun, jika seseorang terus-menerus terserang flu atau pilek yang tidak kunjung sembuh, itu pertanda jelas bahwa sistem kekebalan tubuhnya sedang kesulitan untuk mengimbanginya.

2. Mengalami banyak masalah perut

Jika sering diare, kembung, atau sembelit, itu mungkin pertanda sistem kekebalan tubuh sedang melemah.

Penelitian menunjukkan bahwa hampir 70 persen sistem kekebalan terletak di saluran pencernaan. Bakteri dan mikroorganisme baik yang hidup di sana melindungi usus dari infeksi dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Jumlah bakteri usus yang bermanfaat ini dalam jumlah rendah dapat membuat seseorang berisiko terkena virus, peradangan kronis, dan bahkan gangguan autoimun.

3. Luka tidak cepat sembuh

Kulit akan masuk ke mode penyembuhan kerusakan setelah mengalami luka bakar, terpotong, atau tergores. Tubuh bekerja melindungi luka dengan mengirimkan darah kaya nutrisi ke luka untuk membantu regenerasi kulit baru.

Baca juga: Polusi Udara Rusak Paru-paru dan Imun Bayi yang Baru Lahir

Proses penyembuhan ini bergantung pada sel kekebalan yang sehat. Jika sistem kekebalan tubuh sedang lemah, kulit tidak bisa beregenerasi. Sebaliknya, luka akan berlama-lama dan sulit untuk disembuhkan.

4. Sering infeksi

American Academy of Allergy Asthma & Immunology melaporkan bahwa tanda-tanda kemungkinan defisiensi imun pada orang dewasa meliputi:

  • Mengalami lebih dari empat infeksi telinga dalam satu tahun
  • Mengembangkan pneumonia dua kali selama periode satu tahun
  • Menderita sinusitis kronis atau lebih dari tiga episode sinusitis bakterial dalam setahun
  • Membutuhkan lebih dari dua rangkaian antibiotik dalam setahun

5. Merasa lelah sepanjang waktu

Jika sudah cukup tidur dan masih merasa kelelahan, ada baiknya untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, ketika sistem kekebalan tubuh lemah, tingkat energi pun ikut melemah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com