Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2023, 20:00 WIB
Usi Sulastri,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan terjadi wabah pneumonia misterius di China. Mengutip dari laman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), otoritas China menyebut wabah ini meningkat akibat patogen seperti Mycoplasma pneumoniae, respiratory syncytial virus (RSV), virus Corona, adenovirus, dan juga influenza.

Sebelum wabah ini merebak, pneumonia sejak lama menjadi salah satu masalah kesehatan global yang mendesak terus menunjukkan dampaknya yang serius pada populasi dunia.

Baca juga: 5 Hal yang Penting Diketahui tentang Pneumonia

Setiap tahunnya jutaan orang terkena penyakit pernapasan ini yang dapat berkisar dari kasus ringan hingga yang mengancam jiwa.

Kasus pneumonia menyerang kelompok rentan seperti balita, lansia, dan individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah rentan terhadap dampak yang lebih parah.

Lantas, apa sih penyebab penyakit ini?

Dilansir dari American Lung Association, Kamis (30/11/2023), pneumonia merupakan suatu kondisi infeksi pada paru-paru yang dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur.

Infeksi ini mengakibatkan peradangan pada kantung udara paru-paru yang disebut alveoli dan menyebabkan pengisian cairan atau nanah.

Proses ini dapat menghambat masuknya oksigen dari pernapasan ke dalam aliran darah.

1. Bakteri, seperti Mycoplasma pneumoniae

Jenis pneumonia bakteri yang umumnya dikenal sebagai pneumonia pneumokokus disebabkan oleh kuman Streptococcus pneumoniae yang biasanya berkoloni di saluran pernapasan bagian atas.

Pneumonia pneumokokus merupakan penyakit yang menginfeksi lebih dari 900.000 orang di Amerika setiap tahunnya.

Pneumonia bakteri dapat timbul secara mandiri atau berkembang sebagai akibat dari infeksi virus seperti flu.

Baca juga: Apa Itu Mycoplasma yang Menyebabkan Wabah Pneumonia di China?

Pneumonia bakteri sering kali mempengaruhi hanya satu bagian paru-paru yang disebut pneumonia lobar.

Beberapa jenis bakteri dapat menyebabkan apa yang disebut pneumonia atipikal seperti Mycoplasma pneumoniae yang umumnya menginfeksi individu di bawah 40 tahun.

Chlamydophila pneumoniae, penyebab infeksi saluran pernapasan atas sepanjang tahun namun juga dapat menyebabkan pneumonia ringan.

Legionella pneumophila, menyebabkan pneumonia berbahaya yang disebut penyakit Legionnaire. Berbeda dengan pneumonia bakteri lainnya Legionella tidak menular dari orang ke orang.

Bakteri ini disebut sebagai atipikal karena pneumonia yang disebabkan oleh organisme ini mungkin memiliki gejala yang sedikit berbeda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com