Berapa Kali Kantong Plastik Bisa Didaur Ulang?

Kompas.com - 29/11/2023, 08:00 WIB
Sarah Adhira Rahmah,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Kantong plastik adalah benda yang sangat mudah ditemukan di tempat sampah.

Sayangnya, kantong plastik sulit terurai secara alami. Hal ini membuat sampah kantong plastik lebih sering didaur ulang.

Baca juga: Ahli Ciptakan Plastik dari CO2 untuk Kurangi Emisi Karbon

Hasil daur ulang kantong plastik ada bermacam-macam, termasuk kantong plastik baru. Namun, apakah kantong plastik bisa terus menerus didaur ulang tanpa henti?

Rata-rata daur ulang kantong plastik dilakukan 3 kali

Rekosistem, sebuah rintisan di bidang pengelolaan dan pengolahan sampah, menyebutkan bahwa kantong plastik bisa didaur ulang selama sampah kantong plastik tidak terkontaminasi atau bisa dibersihkan dari sisa makanan atau minyak atau bahan kimia lainnnya.

Namun, rata-rata daur ulang yang bisa dilakukan adalah sebanyak tiga kali.

“Rata-rata bisa didaur ulang tiga kali jika hendak digunakan menjadi 100 persen kemasan atau produk plastik daur ulang,” kata Angga Adhitya, VP Marketing & Partnership Rekosistem, dalam emailnya untuk Kompas.com, Sabtu (21/11/2023).

Namun, tidak mustahil kantong plastik dapat didaur ulang dalam lebih dari 3 kali siklus daur ulang. Pencampuran sampah kantong plastik dengan material awal plastik bisa membuat siklus daur ulang jadi lebih banyak.

“Kalau penggunaannya masih dicampur dengan virgin material plastik, daur ulang bisa dilakukan dalam siklus yang lebih panjang.” lanjut Angga.

Pendaurulangan menurunkan kualitas plastik

Dilansir dari BBC Science Focus, plastik memiliki batas siklus daur ulang karena sifat dan kualitasnya akan menurun seiring jumlah siklus daur ulang bertambah.

Plastik terbuat dari polimer, zat kimia dengan rantai panjang berisi molekul-molekul kecil yang tersusun berulang, dan didominasi oleh atom karbon, hidrogen, dan oksigen.