Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Kali Kantong Plastik Bisa Didaur Ulang?

Kompas.com - 29/11/2023, 08:00 WIB
Sarah Adhira Rahmah,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Kantong plastik adalah benda yang sangat mudah ditemukan di tempat sampah.

Sayangnya, kantong plastik sulit terurai secara alami. Hal ini membuat sampah kantong plastik lebih sering didaur ulang.

Baca juga: Ahli Ciptakan Plastik dari CO2 untuk Kurangi Emisi Karbon

Hasil daur ulang kantong plastik ada bermacam-macam, termasuk kantong plastik baru. Namun, apakah kantong plastik bisa terus menerus didaur ulang tanpa henti?

Rata-rata daur ulang kantong plastik dilakukan 3 kali

Rekosistem, sebuah rintisan di bidang pengelolaan dan pengolahan sampah, menyebutkan bahwa kantong plastik bisa didaur ulang selama sampah kantong plastik tidak terkontaminasi atau bisa dibersihkan dari sisa makanan atau minyak atau bahan kimia lainnnya.

Namun, rata-rata daur ulang yang bisa dilakukan adalah sebanyak tiga kali.

“Rata-rata bisa didaur ulang tiga kali jika hendak digunakan menjadi 100 persen kemasan atau produk plastik daur ulang,” kata Angga Adhitya, VP Marketing & Partnership Rekosistem, dalam emailnya untuk Kompas.com, Sabtu (21/11/2023).

Namun, tidak mustahil kantong plastik dapat didaur ulang dalam lebih dari 3 kali siklus daur ulang. Pencampuran sampah kantong plastik dengan material awal plastik bisa membuat siklus daur ulang jadi lebih banyak.

“Kalau penggunaannya masih dicampur dengan virgin material plastik, daur ulang bisa dilakukan dalam siklus yang lebih panjang.” lanjut Angga.

Pendaurulangan menurunkan kualitas plastik

Dilansir dari BBC Science Focus, plastik memiliki batas siklus daur ulang karena sifat dan kualitasnya akan menurun seiring jumlah siklus daur ulang bertambah.

Plastik terbuat dari polimer, zat kimia dengan rantai panjang berisi molekul-molekul kecil yang tersusun berulang, dan didominasi oleh atom karbon, hidrogen, dan oksigen.

Baca juga: Ilmuwan Ciptakan Plastik Lebih Kuat, Elastis, dan Ramah Lingkungan

Semakin sering plastik melalui proses daur ulang, plastik akan semakin sering dilelehkan dan dibentuk kembali.

Pengulangan proses ini membuat rantai polimer akan mengecil sehingga kualitas plastik bisa menurun.

Kantong plastik harus bersih supaya bisa didaur ulang

Selaras dengan yang disampaikan Rekosistem, National Geographic dalam resminya, Rabu (4/4/2018), menjelaskan bahwa tidak semua plastik bisa didaur ulang. Kantong plastik harus bersih agar bisa didaur ulang.

Kantong yang tercampur sisa makanan tidak bisa didaur ulang. Maka itu, pencucian kantong plastik harus dilakukan sebelum membuang kantong plastik.

Selain itu, kantong plastik harus terdiri hanya dari satu bahan plastik untuk bisa didaur ulang. Kantong plastik yang terdiri atas beberapa lapisan plastik berbeda jenis tidak bisa didaur ulang.

Baca juga: Kabar Baik, Bahan Pengganti BPA pada Plastik Telah Ditemukan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com