Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2023, 17:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Bayi dalam posisi sungsang terjadi ketika kepala bayi di dalam rahim berada di atas, sedangkan kakinya mengarah ke jalan rahim. 

Pada kehamilan "normal", bayi secara otomatis akan membalikkan badannya hingga ke posisi menunduk untuk bersiap menjelang kelahiran. Dengan demikian, bayi yang sungsang memberi tantangan tersendiri bagi ibu dan sang bayi.

Penyebab bayi sungsang

Menurut American Pregnancy Association, ada banyak hal yang dapat menyebabkan posisi bayi salah di dalam rahim, di antaranya adalah:

  • Jika sang ibu telah mengalami beberapa kehamilan
  • Jika sang ibu pernah mengalami persalinan prematur
  • Jika rahim memiliki terlalu banyak atau terlalu sedikit cairan ketuban sehingga bayi memiliki ruang ekstra untuk bergerak
  • Jika sang ibu memiliki bentuk rahim yang tidak normal atau kondisi lain, misalnya fibroid di dalam rahim
  • Jika sang ibu menderitaa plasenta previa

Baca juga: Alami Kondisi Langka, Wanita Ini Punya Rahim Ganda dan Sedang Mengandung Dua Bayi

Pengaruh bayi sungsang terhadap kehamilan

Umumnya, bayi dalam posisi sungsang tidak memengaruhi kehamilan. Kebanyakan bayi sungsang pun dilahirkan dalam kondisi sehat, meski ada sedikit peningkatan risiko cacat lahir.

Selain itu, karena posisi yang tidak biasa, gerakan bayi sungsang dapat terasa sedikit berbeda. Misalnya, ibu mungkin merasakan tendangan bayi di bagian perut lebih bawah atau ada benjolan di dekat tulang rusuk, yang merupakan kepala bayi.

Untuk proses persalinan, biasanya, tenaga medis merekomendasikan operasi caesar karena persalinan pervaginam bisa menjadi lebih rumit dan mungkin berbahaya. Berikut adalah beberapa kemungkinan risiko melahirkan bayi sungsang melalui vagina:

  • Cedera pada kaki atau lengan bayi
  • Tali pusat mungkin terpelintir dan menyebabkan kerusakan saraf atau otak karena mengakibatkan kekurangan oksigen

Baca juga: Apakah Bayi Bisa Lahir di Luar Angkasa?

Sebaiknya, bicarakan dengan dokter kandungan terkait kekhawatiran akan bayi dalam posisi sungsang, termasuk komplikasi dan skenario persalinan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com