Peneliti Menduga Telur Dinosaurus Awal Bercangkang Kasar

Kompas.com - 20/11/2023, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah studi baru telah mengubah pemahaman para ilmuwan tentang reproduksi dinosaurus. Penelitian menunjukkan, telur dinosaurus paling awal mungkin memiliki cangkang kasar, mirip dengan telur penyu saat ini.

Temuan ini sangat kontras dengan dugaan telur dinosaurus bercangkang keras, seperti telur kadal dan burung modern.

Telur dinosaurus yang tidak lunak atau keras

Pengetahuan baru tentang telur dinosaurus ini muncul setelah ditemukannya Qianlong shouhu, spesies sauropodomorph yang baru diidentifikasi dari periode Jurassic Awal (sekitar 200 juta tahun lalu) di Guizhou, Tiongkok.

Sauropodomorph adalah sekelompok dinosaurus herbivora berleher panjang yang mencakup prekursor bipedal yang lebih kecil dan sauropoda berkaki empat yang lebih besar, seperti Brachiosaurus dan Diplodocus.

Baca juga: Bagaimana Dinosaurus Tidur?

Sauropodomorph merupakan dinosaurus berukuran sedang, berukuran panjang sekitar enam meter dengan berat sekitar satu ton.

Pencarian di situs di Guizhou, menghasilkan tiga kerangka dewasa dan lima sarang telur, yang mungkin merupakan hubungan dinosaurus tertua dengan keturunannya.

Fosil tersebut menunjukkan bahwa dinosaurus mengalami perubahan signifikan sejak lahir hingga dewasa. Perubahan tersebut meliputi variasi panjang tengkorak hingga susunan gigi.

Fenglu Han, ahli paleontologi Universitas Geosains China, menjelaskan, analisis alometrik rasio anggota badan antara spesimen dewasa dan embrio menunjukkan bahwa Qianlong shouhu dewasa mampu berjalan dengan kaki belakangnya, tetapi bayi-bayi kemungkinan besar berkaki empat.

Menilik lebih dekat telur dinosaurus

Kemudian, dengan menggunakan potongan histologis tipis dan mikroskop elektron, para peneliti di Institute of Vertebrate Paleontology and Paleoanthropology (IVPP) dan Chinese Academy of Sciences (CAS) memeriksa struktur mikro cangkang telur.