Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Air Lemon Bermanfaat untuk Asam Urat?

Kompas.com - 19/11/2023, 18:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Asam urat adalah sejenis radang sendi yang menyebabkan nyeri dan kaku pada persendian.

Seseorang dapat terkena asam urat jika memiliki terlalu banyak kadar asam urat dalam darah. Beberapa gejalanya adalah nyeri dan pembengkakan.

Kadar asam urat yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan sendi dan masalah ginjal. Pengobatan dan perubahan pola makan dapat membantu meredakan serangan asam urat.

Lemon untuk asam urat

Jus lemon terbukti memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, termasuk menurunkan risiko batu ginjal. Penelitian telah menunjukkan bahwa air lemon juga dapat membantu mengobati asam urat.

Baca juga: 7 Manfaat Minum Teh Hijau dengan Lemon untuk Kesehatan

Sebuah studi tahun 2017 menemukan, air lemon dan ekstrak lemon membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Studi ini, sebelumnya, meminta orang dewasa dengan kadar asam urat tinggi untuk minum perasan lemon segar (setara dengan satu buah lemon sehari) setiap hari selama 6 minggu.

Uji coba penelitian yang sama menguji ekstrak buah lemon pada tikus dengan asam urat tinggi. Hasilnya, tikus juga menunjukkan penurunan kadar asam ini.

Kemudian, studi klinis lain meninjau tes darah terhadap 75 orang dewasa yang minum air lemon segar setiap hari. Studi tersebut melibatkan orang dengan asam urat, orang dengan kadar asam urat tinggi tetapi tidak ada gejala asam urat, dan orang tanpa asam urat tinggi.

Setelah 6 minggu, semua kelompok menunjukkan kadar asam urat yang lebih rendah.

Jadi, penelitian menyimpulkan bahwa lemon dan air lemon mungkin merupakan obat yang berguna untuk membantu mengobati asam urat, bersama dengan obat-obatan dan perubahan pola makan lainnya.

Baca juga: Apa Manfaat Minum Air Lemon Hangat Sebelum Tidur?

Air lemon juga dapat membantu mencegah gejala asam urat pada penderita asam urat tinggi. Bahkan, mereka yang memiliki kadar asam urat normal pun mungkin dapat memperoleh manfaat dari penggunaan air lemon untuk menyeimbangkan asam darah.

Dosis air lemon untuk asam urat

Diperlukan lebih banyak penelitian mengenai berapa banyak air lemon atau ekstrak lemon yang dibutuhkan untuk membantu menurunkan kadar asam urat darah.

Penelitian yang disebutkan di atas menggunakan dosis yang berbeda. Pada tahap pertama, peserta penelitian mengonsumsi sekitar 30 mililiter (mL) air lemon murni segar setiap hari.

Pada penelitian kedua, setiap peserta meminum jus segar dari dua buah lemon yang dilarutkan dalam dua liter air setiap hari.

Tidak diketahui apakah air lemon dalam kemasan atau beku memiliki efek yang sama seperti air lemon segar.

Selain itu, penelitian tersebut tidak mencatat efek akr lemon pada gejala asam urat, yang merupakan faktor penting bagi siapa pun yang mengalami nyeri terkait asam urat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com