Kok Tubuh Manusia Tak Punya Bulu seperti Primata Lain?

Kompas.com - 09/11/2023, 11:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Hampir semua mamalia yang hidup di darat memiliki bulu yang menutupi tubuh mereka, mulai dari tikus hingga simpanse.

Tapi ada yang menarik sekaligus menjadi misteri, yaitu mengapa manusia hanya memiliki bulu tubuh yang sedikit atau hampir tidak ada jika dibandingkan dengan kebanyakan mamalia lain.

Baca juga: Mengapa Waktu Tidur Manusia Lebih Sedikit dari Primata Lain?

Studi pun mengungkap mengapa bulu di tubuh manusia bisa hilang.

Bulu di tubuh manusia

Mengutip Science Daily, Senin (6/11/2023) studi yang dilakukan para ilmuwan di University of Utah Health dan University of Pittsburgh menemukan manusia memiliki gen untuk menutupi seluruh bulu di tubuh namun evolusi telah menonaktifkannya.

"Kami telah mengambil pendekatan kreatif dengan menggunakan keanekaragaman hayati untuk mempelajari genetika sendiri. Ini membantu kita menentukan wilayah genom yang berkontribusi terhadap sesuatu yang penting bagi kita," kata Nathan Clark, Ph.D., ahli genetika manusia dari University of Utah Health.

Untuk mengungkap misteri hilangnya bulu pada manusia, peneliti mencari gen pada hewan tidak berbulu yang berevolusi lebih cepat dibandingkan hewan berbulu.

"Ketika hewan berada di bawah tekanan evolusi untuk kehilangan bulu, gen yang mengkode bulu menjadi kurang penting," jelas Clark.

"Sehingga perubahan genetik mungkin bertanggung jawab atas kerontokan bulu. Perubahan lain mungkin merupakan kerusakan tambahan setelah bulu berhenti tumbuh," sambungnya.