Perut Sapi Bisa Urai Beberapa Jenis Plastik, Bisa Jadi Solusi Sampah?

Kompas.com - 08/11/2023, 11:00 WIB
Usi Sulastri,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Pencemaran plastik menjadi salah satu masalah lingkungan yang semakin memprihatinkan.

Menurut laporan dari Ellen MacArthur Foundation, pada tahun 2050, diperkirakan akan ada lebih banyak sampah plastik di laut daripada ikan jika tidak ada tindakan yang diambil.

Baca juga: Temuan Baru, Mikroba dalam Perut Sapi Bantu Daur Ulang Plastik

Oleh karena itu, para ilmuwan terus mencari solusi untuk mengatasi masalah ini.

Sebuah penemuan menarik dilakukan oleh para ilmuwan yang menunjukkan bahwa perut sapi bisa mengurai plastik.

Rumen perut sapi terbukti dapat mengurai plastik

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Doris Ribitsch dan timnya mengungkapkan bahwa cairan dari perut sapi yang membantu mencerna makanan, memiliki kemampuan untuk mengurai plastik, dikutip dari Live Science pada Senin (6/11/2023).

Mereka melakukan penelitian dengan mengambil cairan rumen dari rumah jagal di Austria.

Lalu menguji kemampuannya dalam mengurai tiga jenis poliester, yaitu PET, PBAT, dan PEF, yang digunakan dalam berbagai produk plastik.

Hasilnya mengungkapkan bahwa mikroorganisme dalam cairan rumen sapi dapat menguraikan ketiga jenis plastik tersebut, dengan bubuk plastik terurai lebih cepat daripada film plastik.

Mikroba apa yang mungkin bertanggung jawab atas degradasi plastik?

Sekitar 98 persen dari DNA yang diambil berasal dari kingdom bakteri. Lebih menarik lagi, genus yang paling dominan adalah Pseudomonas.

Beberapa spesies dari genus Pseudomonas ini sebelumnya telah terbukti mampu mengurai plastik.

Dengan kata lain, mikroba ini memiliki potensi untuk membantu dalam proses penguraian plastik.